19.4.17

TANGGUNG JAWAB SEBAGAI SALAH SATU WUJUD PRIBADI YANG BAIK




TANGGUNG JAWAB SEBAGAI SALAH SATU WUJUD PRIBADI YANG BAIK
Oleh :
NIKEN LARASATI
16.310.410.1135
PSIKOLOGI UMUM II

Pada dasarnya setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing. Seperti halnya kewajiban, tanggung jawab pun harusnya ditunjukan dan dilaksanakan oleh setiap orang. Apa sebabnya? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan di sini. Seseorang dengan tanggung jawab tertentu, orang tersebut dituntut untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Meskipun tidak semua orang dapat melaksanakannya dengan sempurna.
Dalam hal ini, akan terlihat jelas siapa orang yang bertanggung jawab dan yang tidak. Karena, pada umumnya orang yang bertanggung jawab tidak akan lalai dengan tanggung jawabnya. Berbeda dengan orang yang tidak atau pun kurang bertanggung jawab, ia akan cenderung menyepelekan tugasnya. Yang sebenarnya adalah bagian penting dari sebuah pekerjaan tertentu.
Pengertian tanggung jawab dalam KBBI adalah keadaan dimana wajib menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk dari suatu perbuatan. Manusia yang memiliki pribadi yang baik cenderung bisa bertanggung jawab. Sebaliknya, manusia yang memiliki pribadi yang kurang baik cenderung kurang bertanggung jawab. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa pribadi yang kurang baik juga bisa bertanggung jawab.
Yang dimaksud pribadi yang baik disini adalah pribadi yang mampu berpikir secara logis dan mampu melaksanakan, menyelesaikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Pribadi yang baik tentunya juga sehat baik secara fisik maupun psikisnya.
Kesimpulan:
Tanggung jawab ditunjukkan melalui suatu tindakan bukan hanya ucapan sebagai janji semata.
Sumber :
pengamatan lingkungan sekitar

0 comments:

Post a Comment