19.4.17

Stres Dan Cara Mengatasinya




Oleh : Subur Triyono ( 16.310.410.1119 )
Fakultas  : Psikologi
UP'45 Yogyakarta 


             stress adalah suatu tekanan atau sesuatu yang terasa menekan dalam diri individu.Sesuatu tersebut dapat terjadi disebab kan oleh ketidak seimbangan antara harapan oleh individu baik yang bersifat jasmaniah ataupun ruhaniah Menurut McGrathdalam Weinberg dan Gould (2003:81),
kondisi individu yang mengalami stress gejala-gejalanya dapat dilihat baik secara fisik maupun secara psikologis. Gejala secara fisik individu yang mengalami stress, antaralain ditandai oleh: gangguan jantung,tekanan darah tinggi, ketegangan pada otot, sakit kepala, telapak tangan dan atau kaki terasa dingin, pernapasan tersengal-sengal, kepala terasa pusing, perut terasa mual-mual, gangguan padapencernaan, susah tidur, bagi wanitaakan mengalami gangguan menstruasi,dan gangguan seksual (impotensi)(Waitz, Stromme, Railo, 1983: 52-71).
Munculnya stress disebabkan oleh factor yang berasal dari dalam diri individu dan faktor yang berasal dari luar diri individu. Adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan menimbulkan konflik dalam diri individu, sehingga berdampak pada munculnya stress. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan muncul stress pada individu, antara lain: perasaan cemas mengenai hasil yang dicapai, aktivitas yang tidak seimbang, tekanan dari diri sendiri, suatu kondisi ketidakpastian, perasaancemas, perasaan bersalah, jiwa yang dahaga secara emosional, dan kondisi sosial ekonomi.
Contoh kasus
Seseorang yang terlalu dengan tugas pekerjaan yang di rasa tak kunjung selesai padahal waktu pengerjaan yang di berikan perusahan sudah di batas waktu maka indi vidu tersebut secara tidak langsung mengalami strees karena  pastinya tugas akan segera di tanyakan oleh pimpinan sesuai jadwal yang sudah di sepakati di awal , ada ketidak sesuaian harapn selesai nya tugas dengan kenyataan selesai nya pengerjaan tugas tersebut
Pendapat pribadi :
Menurut saya stress harus segera di atasi agar tidak menimbulkan kecemasan yang berlebihan dan berdampak timbul nya gangguan yang lebih serius .




Sumber 
Sukadiyanto. (2010) stres dan cara mengatasi nya . Jurnal Cakrawala Pendidikan , XXIX, No. 1

0 comments:

Post a Comment