15.4.17

SABAR LAN NRIMO ADALAH KONSEP ORANG JAWA

SABAR LAN NRIMO ADALAH KONSEP ORANG JAWA


NAMA              : RIDWAN KISARAH TBN
NIM                             : 16.310.410.1157
MATA KULIAH : PSIKOLOGI UMUM II

            Masyarakat jawa mengenal berbagai macam nilai adat yang mereka gunakan sebagai panduan dalam menjalani kehidupan, salah satunya yang dikenal sebagai “ sabar lan nrimo “ ( sabar dan menerima ). Sabar berarti untuk bersabar, dan nrimo berarti menerima apapun yang ada.
            Secara spiritual, sabar berarti mengontrol diri dan usaha yang konsisten untuk mencari sesuatu yang lebih baik. Sementara itu, dalam konteks budaya jawa, sabar memiliki arti yang lebih sempit yakni menahan diri dalam menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi dalam kehidupan.
            Konsep ini biasanya diterapkan ketika mereka masyarakat jawa sedang mengalami situasi yang sulit, termasuk bencana seperti letusan merapi tahun 2010 kemarin, ternyata konsep ini memberikan energi yang kuat bagi mereka untuk bangkit kembali dan membangun kembali kehidupan baru mereka.
            Jadi, konsep sabar adalah strategi kesabaran dalam menerima bencana sedangkan konsep nrimo menjadi strategi menerima tanpa keluhan dan tanpa penolakan, itu yang menjadikan masyarakat jawa ulet, tekun, dan pekerja keras.

DAFTAR PUSTAKA

Ardiningrum, N.A., Nurendra, A.M., dan Noviansyah, M.I. (2009). Nrimo dan gotong royong sebagai model prilaku sehat berbasis nilai tradisional jawa. Unpublished research report, faculty of psikologi gadjah mada university, yogyakarta, indonesia.

0 comments:

Post a Comment