15.4.17

KEMAUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS


KEMAUAN SISWA DALAM MENEGJAKAN TUGAS
Asep singgih wijanarko (16.130.140.1158)
PSIKOLOGI UMUM II
         Tugas merupakan hal yang selalau ada dalam proses pembelajaan entah itu di smp,sma dan terutama di univesitas yang selalu di bebankan kepada setiap siswa untuk di kejakan. Menurut ” KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA” kata tugas berati sesuatu yang wajib dikejakan atau yang ditentukan untuk di lakukan,pekerjan yang menjadi tanggung jawab  seseorang.
        Namun terkadang tugas menjadi sesutuhal yang di anggap menyusahkan dan merepotkan oleh beberapa siswa. Banyak faktor yang menjadi alasan para siswa terlambat atau tidak mengerjakan tuas yang di bebenkan ke mereka.
        Hal yang terpenting agar siswa dapat mengerjakan tugas adalah adanya “KEMAUAAN”  kemauan adalah kekuatan yang sadar dan hidup dan atau yang menciptakan sesuatu yag berdasakan perasan dan fikian.
        Memang untuk mencapai kemauan agar sampai ke proses tindakan membutuhkan beberapa alasan seperti motivasi (keadaan individu untuk mengeluarkan usaha yang maksimal demi tercapai tujuannya),dasar pendorong dll.  Saat motivasi seorang siswa untuk mengerjakan tugas tidak ada maka hal yang terjadi adalah siswa tersebut akan susah untuk mau mengerjakan tugasnya. Begitu pula saat “KEMAUAN” tersebut tidak ada maka tugas tersebut hanya di anggab sebagai beban bukan lagi sebagai tanggung jawab.
             Faktor yang menetukan lainya dan tidak kalah penting adalah “WAKTU” atau manejemen waktu. Biasany jika manajemen waktu para siswa tidak di atur dengan baik, yang terjadi adalah siswa akan lebih sering mengejakan tugas sekolahnya disaat batas waktu pengumpulan sudah hampir dekat. Itu sering terjadi pada para siswa yang tidak baik dalam memajemen waktu,kemauan mengerjakan,dan dorongan serta motifasi dan motif siswa tersebut dalam mengerjakan tugas sekolahnya.
             Memang perlu dibiasakan dalam hal kemauan dan pengengatur waktu agar siswa dapat menegerjakan dan menyelesakikan tugas-tugasnya tepat waktu dengan baik. Kemauan sangat penting agar kita dapat langsung melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita,tidak hanya di sekolah tapi juga di manapun di kehidupan kiata.
Daftar pustaka : http://.kbbi.web.id/tugas, diakses pada13-04-2017.(diakses pada12-04-2017.09:1
Sujanto,agus. (1992/1993). psikologi umum. Perpustakaan nasional RI.

0 comments:

Post a Comment