21.4.17

resensi pio..ketimpangan perekonomian

RESENSI PIO
FATKHUL AZIZ
16,310.410.1141
Fakultas psikologi
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

KETIMPANGAN PREKONOMIAN
                Ketimpangan dan ketidakadilan adalah hal yang sangat serius mengingat beragamnya etnis,agama,dan suku indonesia memerlukan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan  bagi semua bihak dan lapisan masyarakat.menurut Amy chua  dalam bukunya world on fire,pasar bebas dalam demokrasi  yang didominasi kelompok yang sedikit dapat berujung  pada perpecahan ,oleh karena itu,masalah ketimpangan dalam perekonomian sangatlah krusial dan perlu ditangani segera oleh pemerintah melalaui berbagai kebijakan.
                Masalah ketimpangan ekonomi ini ternyata bukan hanya terjadi di negara miskin dan berkembang,melainkan juga negara mmaju yang berkecukupan dan lebih manusiawi,kita pikir urusan perut  hanyalah milik negara miskin ternyata dirasakan juga oleh rakyat negara maju, terutama,terutama dalam hal kesempatan kerja.
                Tampaknya dunia mulai terperangkap dalam ketimpangan perekonomian dan ini cukup mengkhawatirkan jika terus berlanjut,termasuk indonesia.selam 71 tahun indonesia merdeka, ada kecenderungan keadilan sosial makin jauh dari terwujud.sila ke 5 pancasila,keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, terasa semakin jauh karena justru kesenjangan yang makin menghiasi perekonomian domestik.
                Dengan kondisi tersebut,bukan perkara mudah untuk memperbaiki ketimpangan yang ada.saya kira, pemerintah sudah melek akan masalah ini, bagaimana keadilan (equity) harus ditegakkan. Keberpihakan pemerintah  sangat dibutuhkan agar masyarakat memperoleh yang dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas hidupnya, bukan sekedar kesamaan perlakuan (equality) antara sikaya dan simiskin.
                Jadi menurut saya ketimpangan perekonomian disebabkan oleh  keegoisan setiap individu terhadap lingkungan sekitar ,yang dipikirkan Cuma dirisendiri tanpa memikirkan orang sekitar susah atau tidak padahal kita dikodratkan sebagai makhluk sosial yang saling membtuhkan. Juga tidak terealisasinya sila kedua kemanusiaan yang adil dan  beradab.rasa kemanusiaan nya telah pudar .
                SUMBER : hendranata anton.rabu 22 maret 2017.KOMPAS


0 comments:

Post a Comment