21.4.17

resensi PIO PARA PERUSAK DEMOKRASI

RESENSI PIO
FATKHUL AZIZ
16.310.410.1141
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 yogyakarta

PARA PERUSAK DEMOKRASI
                Musuh demokrasi  yang sebenarnya  bukanlah pihak asing yang dengan sengaja merusak,menggerogoti , dan kemudian merobohkan  demokrasi . mereka tidak lain adalah anggota keluarga bangsa ini yang telah memakan bangkai saudaranya sendiri : para koruptor. Mereka adalah perusak sendi – sendi demokrasi yang bisa menghancurkan dan meneggelamkan  NKRI, bukan orang lain.
            Oleh karena itu, korupsi diera demokrasi tidak mungkin dilakukan oleh rakyat secara perseorangan ,partikelir ,atau terpisah dari konteks politik kekuasaan.rakyat justru lebih banyak menjadi korban atau tumbal dari mata rantai siklikal kejahatan korupsi berjamaah tersebut.
            Sementara itu di tingkat akar rumput, rakyat jangan diajari untuk menerima politik uang, terutama menjelang pemilu dan pilkada.politik uang yang diterima sebenarnya merupakan panjar yang dapat menunda dan menggadaikan kesejahteraan mereka sendiri.
            Jadi menurut saya rusaknya demokrasi disebabkan karena,faktor lingkungan.ada pepatah mengatakan, jika kamu berdekatan dengan tukang pandai besi kamu akan terkena ,asap dan percikan api .dan jika kamu berdekatan dengan penjual minyak wangi maka kamu akan terkena bau wanginya.jadi sebaik – sebaiknya orang kalau di sekitar bobrok akan bobrok juga,dan rusaknya demokrasi juga di sebabakan karena tidak merealisasikan sila – sila pancasila dengan benar .sila – sila pancasila Cuma sebagai formalitas saja, kenapa sila pertama sampai sila kelima saling berkaitan karena, para perusak demokrasi tidak mempunyai jiwa ketuhanan ,jiwa kemanusiaan, jiwa persatuan, jiwa kerakyatan,dan jiwa keadilan.

            Sumber : hilmi masdar.jumat ,24 maret 2017.kompas 

0 comments:

Post a Comment