23.4.17

RESENSI ARTIKEL : SELAMAT TINGGAL PRIVASI !



RESENSI ARTIKEL : SELAMAT TINGGAL PRIVASI !





 NURUL WIDIASTONI
163104101152
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
FAKULTAS PSIKOLOGI UP 45

            Kerahasiaan data pribadi kita makin lama makin hilang. Pemilik laman, pembuat aplikasi, penyedia layanan internet, dan lain-lain telah mengetahui data pribadi kita dan juga termasuk kebiasaan kita. Selam ini semua data itu masih terlindungi oleh syarat privasi , tetapi makin lama makin tidak ada jaminan data-data itu tersimpan dengan aman.

            Amerika serikat adalah  negara yang memelopori  membolehkan penyedia layanan internet (ISP) menjual data-data laman-laman yang pernah di kunjungi oleh warga. Pekan lalu donald trump telah menandatangani aturan inidan tak lama lagi bakal berlaku.

            Kebiasaan warga membuka laman-laman atau sejarah internet bisa di perjualbelikan , data itu mulai data bank yang sering di kunjungi, data obat-obat yang sering di cari, data restoran yang sering di cari. Di dalam dunia industri digital bisnis ini di sebut sebagai penambangan data (data mining). Sebenarnya sebelum aturan itu  sudah ada bisnis data ini meski di jual secara agregat. Ada pula individu yang menawarkan diri untuk menjual data. 






Kelebihan: artikel ini mengulas sangat mendetail dan di sertai fakta-fakta yang sedang ramai di bicarakan. Menggunakan diksi yang bagus.



Kekurangan : Di dalam pemaparanya penulis tidak menyebutkan akibat-akibat dari memperjualbelikan data laman secara terperinci. Dan juga tidak adanya saran atau langkah-langkah menghindari kebobolan privasi seseorang.



Sumber: kompas, 11 april 2017 hal 17





0 comments:

Post a Comment