23.4.17

RESENSI MEMBANGUN DAYA KREATIF ANAK DARI DESA LAMUK

MEMBANGUN DAYA KREATIF ANAK DARI DESA LAMUK
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Industri dan Organisasi

Desa lamuk di Purbalingga itu, aneka seri buku kegiatan (busy book), permainan edukatif bagi anak berusia dibawah lima tahun (balita), diproduksi. Selain melatih sensorik dan motorik anak, busy book ini juga memuat pesan-pesan moral. Metode yang digunakanadalah bercerita, jadi peran orang tua sangat penting. Hingga saat ini, terdapat empat volume buku kegiatan dengan tingkat kerumitan berbeda dan klasifikasiusia anak-anak. Misal, usia 1-3 tahun, 2-4 tahun, 3-5 tahun, dan 3-8 tahun. Dengan harga perbuku Rp.235.000 sampai Rp.389.000 dan dipasarkan secara daring, setiap bulan Rayya Creativa bias memproduksi 60-100 buku kegiatan.
Kekurangan :
1.       Membuatnya butuh proses lama dan sedikit susah.
2.       Penghasilan perhari tidak sesuai dengan kreatif mereka.

Kelebihan :
1.       Para istri di Desa Lamuk jadi punya kegiatan sehari-hari.
2.       Pemainan edukatif dapat melatih sensorik dan motorik anak-anak, permainannya memuat pesan moral.
3.       Anak dikenalkan nama benda dan fungsinya.
4.       Permainan edukatif ini juga dapat mengurangi pengaruh buruk gadget dan bias dimainkan bersama-sama sehingga melatih sosialisasi dengan sesame.
Kesimpulan : anak-anak di Indonesia dapat memperoleh permainan edukatif sesuai dengan umurnya sekaligus membantu melatih sensorik dan motorik anak dan orangtua juga tetap bias memberikan waktu untuk mendampingi anak-anak agar ikatan batin tetap terjaga dan kebutuhan afeksi anak bisa tercukupi.
Sumber : Kompas, Sabtu, 18 Maret 2017
Oleh : Megandika Wicaksono

0 comments:

Post a Comment