22.4.17

Resensi Artikel : Kritik Untuk Program KUR





Oleh :

NIKEN LARASATI
16.310.410.1135
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Judul artikel   : Kritik Untuk Program KUR
Penulis            : HENDRIYO WIDI
Penerbit         : Koran KOMPAS
Tanggal terbit : Sabtu, 25 Maret  2017
No halaman   : 17
Tema              : Ekonomi Inklusif

Ringkasan      :
Program KUR berawal pada 2007. KUR merupakan salah satu program pinjaman bersubsidi terbesar untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di negara berkembang. Bank Dunia mendapati, KUR belum optimal menyentuh masyarakat di sektor prioritas, seperti pertanian, perikanan, dan perkebunan. KUR juga menyulitkan perbankan bukan penyalur KUR untuk bersaing di sektor penyaluran kredit.
KUR sebetulnya merupakan program bagus untuk mengembangkan ekonomi inklusif. Hal itu perlu ditopang  dengan penyaluran yang tepat sasaran sesuai skala prioritas. OJK bersama perbankan penyalur KUR sedang menggodok model penyaluran ke sektor prioritas. Diharapkan, skema itu bisa terealisasi sehingga penyaluran KUR optimal.


Keunggulan :
Penulis menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah untuk dimengerti oleh pembaca, alur penulis membawa langsung pembaca ke dalam inti topik pembahasan.

Kelemahan :
Penulis tidak menyertakan skema yang dimaksud dalam artikel. 

Pendapat akhir :
Dengan di tulisnya berita ini dengan tampilan serta bahasa yang ringan, penulis mampu membuat isi berita dengan mudah dan jelas, sehingga dapat dipahami oleh pembaca. 

Saran :
Penulis menyertakan skema yang dimaksudkan dalam artikel dengan lebih jelas.

0 comments:

Post a Comment