16.4.17

PSIKOLOGI UMUM II : KASIH SAYANG MERUPAKAN PENGIKAT KELUARGA

Kasih Sayang Merupakan Pengikat Keluarga

Oleh :
TASA ASTIYANI
16. 310. 410. 1149

Banyak orangtua yang berkonsultasi untuk mengetahui bagaimana caranya agar anak-anak lebih menyayanginya. Mengasihi sesungguhnya merupakan tongkat kehidupan. Ini sudah merupakan salah satu sifat alami kehidupan, memberikan makna dan nilai pada kehidupan itu sendiri. Inilah dasar segala tindakan yang tidak memikirkan diri sendiri. Pemburu sering menggunakan kasih sayang orangtua pada anaknya. Sebagai contoh ia akan membawa anak beruang karena tahu ibunya akan berusaha menyelamatkannya. Karena mengasihi maka seorang ibu akan rela menempuh segala resiko untuk menyelamatkan anaknya.

Seseorang masing-masing pasti pernah tersentuh oleh kasih sayang orang lain. Kasih sayang inilah yang mendorong seseorang dan menguatkan seseorang dalam menghadapi kesulitan dalam hidup. Kasih sayang merupakan bagian yang penting dalam kehidupan sehingga tak ada orangtua yang perlu diingatkan akan cinta kasih sayang dalam perannya sebagai orangtua. Akan tetapi di era modern ini banyak sekali dimensi kasih sayang yang terkadang belum disadari. Yaitu kasih sayang yang membutuhkan ketegasan. Sehingga sikap lunak tidak selalu dipandang sebagai kasih sayang oleh anak.
Seringkali ketika orangtua sedang sibuk dengan urusannya anak merasa kurang diperhatikan.

Sehingga menjadikan anak merasa kurang kasih sayang dari orangtuanya. Akan tetapi tidak jarang juga seorang anak menjadi seseorang yang suka menuntut karena terlalu seringnya orangtua memanjakannya sejak kecil. Maka untuk menumbuhkan kembali rasa kasih sayanh seorang anak adalah sikap orangtua itu sendiri dalam memperlakukan anaknya. Dengan berusaha melihat apa yang disenangi anaknya dengan meluangkan sedikit waktu untuk memberi perhatian kepada anaknya.

Sumber :
Robinson, Paul W. (1992). Psikologi Populer. Jakarta : Arcan.

0 comments:

Post a Comment