16.4.17

PSIKOLOGI UMUM II : PENGARUH VIDEO GAMES TERHADAP PIKIRAN SELAMA MASA PERKEMBANGAN

Pengaruh Video Games Terhadap Pikiran Selama Masa Perkembangan
Oleh :

Tasa Astiyani
16. 310. 410. 1149

Dalam 30 tahun terakhir, video games mempunyai pengaruh utama terhadap bagaimana orang menghabiskan waktu senggang mereka. Generasi pertama video games tidak lebih dari sekedar bentuk geometris yang sederhana, yang satu atau lebih bisa dikontrol oleh pemain permainan tersebut. Dengan peluncuran Nintendo Entertainment System pada tahun 1980-an dan Playstation bentukan Sony pada tahun 1990-an, maka dimulailah generasi baru game, dengan grafis dan kemampuan yang jauh lebih baik.

Sampai kebangkitan terjadi dalam hal minat video games pada dekade tahun yang lalu, penelitian tentang topik ini sangatlaj minimal. Kontribusi terbesar baru-baru ini adalah model Agresi Umum ( General Aggresion Model / GAM ) Anderson dan Bushman ( 2002 ), yang menjelaskan baik perkembangan agresi maupun dalam perbedaan individu-individu dalam kerentanan terhadap pengaruh video games yang berbau kekerasan.

Disebabkan karena banyaknya perubajan biologis dan fisik yang terjadi selama pubertas, pembukaan game berbau kekerasan seharusnya mempengaruhi proses yang beroperasi dalam GAM. Agar bisa mengontrol pengaruh-pengaruh kekerasan dalam video games, orang harus memahami pengaruhnya terhadap otak, termasuk dalam area agresi dan permusuhan ( Thomas A. Kooijimans -Rochester Intitute of Technology- )

Kooijimans menjelaskan bahwa munculnya media kekerasan juga bisa mendorong dan meningkatkan kecenderungan agresif yang sudah ada dalam seorang remaja.

Sumber :
V, Sakolova, Irina. (2014). Kepribadian Anak : Sehatkah kepribadian anak anda. Yogyakarta : Katahati

0 comments:

Post a Comment