20.4.17

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

wawancara tugas PIO







Fahrunisa Yeni Astari
16.310.410.1156
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
Pengasuh di TPA


Pendidik anak usia dini adalah profesi yang bertugas merencanakan,melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan, pengasuhan dan perlindungan anak didik.
Pendidik PAUD bertugas di berbagai jenis layanan baik pada jalur pendidikan formal maupun Non formal seperti TK/RA, KB, TPA dan bentuk lain yang sederajat. Pendidik PAUD pada jalur pendidikan formal terdiri atas guru dan guru pendamping; sedangkan pendidik PAUD pada jalur pendidikan nonformal terdiri atas guru, guru pendamping, dan pengasuh

Taman Penitipan Anak (TPA) merupakan salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan sekaligus pengasuhan  dan  kesejahteraan  sosial  terhadap  anak  sejak  lahir  sampai dengan usia enam tahun.
Tujuan layanan Program TPA adalah: a.  Memberikan  layanan  kepada  anak  usia  0  –  6  tahun  yang  terpaksa ditinggal orang tua karena pekerjaan atau halangan lainnya. b.  Memberikan  layanan  yang  terkait  dengan  pemenuhan  hak-hak  anak untuk  tumbuh  dan  berkembang,  mendapatkan  perlindungan  dan  kasih sayang, serta hak untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosialnya.

Oke, kemarin tepatnya tanggal 15 April 2017 pukul 13.00 WIB saya mewawancarai seorang pengasuh TPA. Ditemani es tape yang lewat dilembaganya.Saya mulai bertanya –tanya dan beliau pun sangat semangat sekali menjawabnya.Beliau menjawab dengan sangat tegas jelas serta sangat mengharukan.
Beliau adalah RH pengasuh terlama yang bekerja dilembaga ini.RH mengawali pekerjaan ini karna cita – cita yang dari dulu ingin menjadi seorang guru.Beliau hanya lulusan SMA jurusan tata boga yang belum pernah terjun dalam pendidikan.Saat itu Kepala lembaga ini menwarkan RH untuk menjadi pengasuh dilembaganya,RH pun sempat berpikir panjang.Karna disaat umurnya sudah menginjak 38 beliau baru masuk menjadi pendidik/pengasuh dilembaga ini.RH sempat ragu untuk  terjun dalam pendidikan.Namun tekat hati ingin menjadi pendidik lebih membara.Dan beliau pun menstujui untuk masuk kelembaga ini.
RH dilembaga ini sangat disenangi dengan anak- anak kecil.Karna kelucuannya,ketegasanya,kewibawaanya,dll.Keikhlasan dan ketenangan hati yang dibutuhkan pengasuh.RH selalu berdoa sebelum ia berangkat untuk mengasuh anak- anak.
Disini memang tidak ada gaji material tapi punya phala yang jariyah(insyallah amiiiin).
RH tak pernah mengeluh untuk soal material,karna memang dari awal dia sudah tau jika bekerja dalam PAUD material kecil.Namun dia percaya di tempat anak – anak saya bekerja atau dekat mereka doa anak-anak yang sangat polos ini akan terijabah.







0 comments:

Post a Comment