14.4.17

PENGARUH HASIL BELAJAR DENGAN PERSAINGAN ANTAR TEMAN

ARTIKEL :PSIKOLOGI UMUM II
PENGARUH HASIL BELAJAR DENGAN PERSAINGAN ANTAR TEMAN
Oleh                : Chatu Septiana
NIM                : 16.310.410.1155
Fakultas           : Psikologi
Universitasi Proklamasi ’45 Yogyakarta

Nilai akademik yang selalu diagung-agungkan oleh kebanyakan para pelajar terkadang membuat hubungan antar rekannya menjadi sedikit renggang. Hal ini biasanya terjadi ketika ulangan tengah semester (UTS) atau ujian akhir semester (UTS) yang biasanya menampilkan rangking dalam lembar catatan nilai. Rangking inilah yang membuat kegeraman antar siswa karena posisi yang tidak diinginkan akan menjadi persaingan yang hebat. Terkadang siswa mendapat tekanan dari beberapa sudut yakni teman sebaya, orang tua, dan lingkungan. Lingkungan cenderung tidak mengunggulkan hal yang tidak unggul.
Persaingan atau competition dapat diartikan sebagai suatu proses sosial, dimana individu atau kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalaui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi perhatian umum (Soekanto :2013).
Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa seorang siswa selain menunggulkan akademiknya tetapi juga arus memperhatikan keadaan sekelilingnya. Jangan sampai nilai akademik yang diagung-agungkan menjadi landasan pertengkaran dan pertentangan antar teman. Hal ini tidak terjadi dikalangan pelajar saja, namun juga pihak orang tua yang terkadang mengagungkan nilai akademik putra putrinya. Sehingga peran orang tua sangat penting bagi keberlangsungan hubungan anaknya terhadap teman-temannya.

Sumber :

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press.

0 comments:

Post a Comment