14.4.17

KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH MELALUI KEGIATAN BANK SAMPAH

KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH MELALUI KEGIATAN BANK SAMPAH

DELIANA VICRIA NURACHYANI
15.310.410.1094
PSIKOLOGI LINGKUNGAN



          Tindakan untuk mengelola sampah beranekaragam salah satunya yaitu melalui daur ulang. Pendauran ulang sampah adalah , yaitu mengumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang dibuang. Salah satu kegiatan pendauran ulang yaitu melalui kegiatan bank sampah. Bank Sampah merupakan solusi yang tepat untuk pengelolaan sampah yang dipilah pengumpulan sampah kering dan dipilah, hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.]Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank. Dengan diadakannya sosialisasi mengenai bank sampah yang disertai dengan edukasi mengenai pemilahan sampah, diharapkan masyarakat bisa ikut bergabung menjadi nasabah serta ikut membantu menjaga lingkungan.
         Sebagai contoh dari kegiatan semester 4 dalam mata kuliah Psikologi Lingkungan, mahasiswa ikut berperan aktif sebagai nasabah
Bank Sampah. Saya dan teman-teman melakukan bank sampah ini di daerah Jalan Perumnas Condongcatur yang di beri nama Bank Sampah Apel. Sama seperti di bank-bank penyimpanan uang, para nasabah dalam hal ini t bisa langsung datang ke bank untuk menyetor. Bukan uang yang di setor, namun sampah yang mereka setorkan. Sampah tersebut di timbang dan di catat di buku rekening oleh petugas bank sampah. Dalam bank sampah, ada yang di sebut dengan tabungan sampah. Hasil sampah yang disetorkan ini bisa di daur ulang dan di manfaatkan kembali dalam bentuk seperti tas maupun dompet.



Tujuan dibangunnya bank sampah sebenarnya bukan bank sampah itu sendiri. Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga menjadi disiplin dalam mengelola sampah.
Inilah salah satu alternatif untuk memecahkan masalah sampah dan ikut berpartisipasi melestarikan lingkungan. Yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi ini. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri.

Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_sampah

0 comments:

Post a Comment