15.4.17

OBAT UNTUK SI SAKIT



 OBAT UNTUK SI SAKIT
Oleh : KHOIRUNNISA ISTIANAH
153104101105

Sakit jiwa merupakan suatu gangguan pada mental yang berdampak pada mood, pola pikir, hingga tingkah laku secara umum. Seseorang disebut mengalami gangguan jiwa apabila gejala yang dialami menyebabkan sering stres dan membuat tidak mampu melakukan aktivitas kesehariannya secara normal. Penyebab dari gangguan mental bervariasi dan pada beberapa kasus tidak jelas, beberapa disebabkan oleh stres yang berlebih. Dalam kehidupan, seseorang dengan gangguan jiwa adalah ditakuti oleh orang lain di sekitarnya sehingga banyak orang pengidap gangguan jiwa terlantar tidak terawat, padahal seseorang yang “sakit” itu seharusnya “diobati” bukan dibuang atau bahkan disiksa. Fenomena itu membuat para pengidap gangguan jiwa semakin enggan dan merasa tidak dibutuhkan sehingga banyak yang memilih untuk tetap tinggal bersama kehidupan yang antah berantah.

Pihak pemerintah memiliki program untuk melayani warganya yang mengalami gangguan jiwa dengan mendirikan rumah sakit jiwa. Dimana di sana hanyalah melayani pasien-pasien dengan gangguan jiwa dari berbagai lapisan masyarakat. Seseorang yang berobat ke sana ditangani oleh ahli psikolog dan didampingi psikiater. Pelayanan di rumah sakit jiwa sama dnegan rumah sakit seperti pada umumnya, terdapat pengobatan dengan rawat jalan atau dnegan rawat inap. Dimana jika pasien yang pengobatannya cukup dengan rawat jalan, mereka hanya akan datang sekitar 1 bulan sekali untuk mendapatkan pengobatan dengan konselornya. Sedangkan jika seseorang dengan keadaan gangguan jiwa yang sudah parah, diharuskan untuk mendapatkan pengobatan teratur atau rawat inap. Seseorang yang berobat rawat inap mendapatkan berbagai macam terapi yang dilakukan oleh psikolog-psikolog dan didampingi psikiater. Jika pasien yang sudah dianggap sembuh total akan dikembalikan atau dipulangkan kepada keluarganya. 

Di sanalah menurut saya selayaknya mereka, dilayani dengan penuh cinta dan kasih sayang. Jauh dari kehidupan yang sangat tidak berperikemanusiaan. Namun, di sana juga setelah melakukan berbagai macam pengobatan mereka belum bisa dijamin untuk sembuh total. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa seseorang yang telah mendapatkan pengobatan akan berbalik kepada keadaan semula, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor terutama stressor atau penyebab stres. Artinya yang juga perlu diperhatikan adalah penyebab stressornya dari setiap pasien gangguan jiwa.

Sumber : doktersehat.com

0 comments:

Post a Comment