23.4.17

RESENSI ARTIKEL : BAGAIMANA PIKIRAN BEKERJA?


Bagaimana Pikiran Bekerja?

Meissy Bella Sari
163104101143
Psikologi Industri dan Organisasi



Dr. Joseph Murphy (1997) menjelaskan adanya dya tingkatan pada pikiran kita, yaitu tingkatan alam bawah sadar atau rasional dan alam bawah sadar atau irasional. Kita berpikir dengan pikiran sadar kita, dan seperti apapun kebiasaan kita untuk berpikir akan masuk kedalam pikiran bawah sadar kita, yang kemudian berkreasi sesuai dengan sifat dasar dari semua gagasan kita. Pikiran bawah sadar adalah tempat dari emosi-emosi, ini merupakan yang baik, kebaikan akan mengikuti jika kita berpikir jahat, kejahatan yang akan mengikuti kita, begitulah cara pikiran kita bekerja.
Hukum dari pikiran anda adalah bahwa reaksi dan respons yang anda peroleh dari pikiran bawah sadar anda akan ditentukan oleh sifat dasar dari gagasan atau ide yanag anda miliki dalanm pikiran sadar anda. Murphy (1997) menjelaskan bahwa pikiran sadar dan pikiran bawah sadar bukanlah dua buah pikiran, mereka hanyalah dua bidang kegiataan dalam satu pikiran. Pikiran sadar adalah pikiran penalaran, merupakan fase pikiran yang memilih.
Yang menarik dalam artikel ini menurut psikologi atau psikiater menyatakan bahwa ketika semua gagasan disampaikan kepikiran bawah sadar, impresi atau rekaman akan dibuat dalam sel-sel otak. Begitu pikiran bawah sadar anda menerima suatu ide, akan segera diproses untuk mendapatkan hasil.

Sumber : Koran Kompas, 18 Maret 2017
Penulis : Agustine Dwiputri

0 comments:

Post a Comment