23.4.17

RESENSI MENULARKAN SEMANGAT WIRAUSAHA



MENULARKAN SEMANGAT WIRAUSAHA
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Industri dan Organisasi

 rumah kreatif dan pintar yang didirikan pada 2014 memang dikhususkan untuk mengajari dan membekali anak-anak dari keluarga prasejahtera dengan berbagai keterampin. Anak-anak dilatih membuat barang-barang bernilai ekonomi dengan memanfaatkan barang bekas atau limbah. Drum bekas, misalnya, disulap menjadi kursi tamu, ban mobil bekas dijadikan sofa, handuk bekas dicampur adonan semen dan lem dijadikan vas bunga, kayu limbah dijadikan meja ataupun rak hias, dan masih banyak lagi kreasi lain.
 singgang bagi anak-anak binaannya berawal dari sebuah ruangan kecil dibagian depan rumah. Ruangan berukuran 3x3 meter itu menjadi bengkel kreatifnya. Disitu mereka mengerjakan produk-produk kerajinan daur ulang membuat perlengkapan dekorasi interior dan perabotan rumah tangga. Tempat itu juga yang menjadi bengkel las dan sepeda motor, semua anak sudah dirangkul sesuai dengan bakatnya.
Kekurangan : suatu tindakan sosial membantu anak-anak yang kekurangn uang, yatim piatu dan yang  lain ini hanya digerakkan satu orang dan tidak ada yang membantu, sementara ank yang harus diurus 85 anak.
Kelebihan :
1.       Membantu anak yang kurang mampu menjadi lebih baik terutama hal pendidikan, walau mereka diajarkan menghasilkan uang sendiri, mereka juga diajarkan tidak meninggal sekolah. Bakhan meraka hars belajar sampai tinggi.
2.       Mengajari anak menjadi lebih kreatif dibidang masing-masing anak dan diajari menyimpan dan mengasihi orang lain.
kesimpulan : dengan binaan yayasan rumah kreatif dan pintar, sebagai korban perceraian orang tua dan pernah terjerumus dalam kejahan narkoba ataupun lainnya dirinya merasa terselamatkan.
Sumber : Kompas, Sabtu, 1 April 2017
Oleh : Jumarto Yulianus

0 comments:

Post a Comment