20.4.17

MEMAHAMI SKIZOFRENIA SEBAGAI PSYCHOFAMS



 MEMAHAMI SKIZOFRENIA SEBAGAI PSYCHOFAMS
Oleh : KHOIRUNNISA ISTIANAH
153104101105


Dalam dunia psikologi, psychofams tentu sudah sering mendengar tentang gangguan skizofrenia. Skizofrenia merupakan suatu gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, perubahan perilaku, dan motivasi. Kondisi yang biasanya berlangsung lama ini sering diartikan sebagai gangguan mental mengingat kesulitan penderita untukk membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri. 

Suatu kondisi penderita skizofrenia bahwa dimana kesehatan mentalnya mengalami gangguan yang menyebabkan gangguan fikiran, keyakinan dan pengalaman. Sehingga penderita gangguan ini mengalami kesulitan dalam membedakan antara realita dan mana yang hanya khayalan atau alam fikiran belaka. Secara pasti, penyebab dari gangguan ini masih belum diketahui secara jelas. Faktor genetik merupakan salah satu faktor yang disebut-sebut menjadi salah satu penyebab terjaidnya skizofrenia. Artinya, jika salah satu dari orang tua pernah memiliki gejala skizofrenia, maka kemungkinan anak yang dimilikinya akan mengalami gangguan yang sama. Selain faktor genetik, penyebab gangguan ini bisa juga disebabkan oleh tekanan mental seperti stres. Stres yang diakibatkan karena tekanan dari berbagai masalah seperti hubungan keluarga, permasalahan sosial, dan kehilangan orang yang disayangi dapat memicu terjadinya skizofrenia.

Biasanya pengobatan dan perawatan penderita skizofrenia melibatkan perawatan secara medis dan secara pikologis. Secara medis, hal yang bisa diberikan ialah dengan memberikan obat-obatan antipsikotik. Sedangkan untuk perawatan secraa psikologis ialah dnegan menerapkan terapi perilaku.

Sumber : alodokter.com

0 comments:

Post a Comment