20.4.17

APASIH ITU BAD MOOD?



 APASIH ITU 'BAD MOOD'?
Oleh : KHOIRUNNISA ISTIANAH
153104101105

Dalam psikologi abnormal banyak sekali penyimpangan-penyimpangan perilaku atau yang disebut sebagai gangguan kepribadian/ gangguan mental, salah satunya adalah gangguan mood.  Mungkin dari kita semua sudah sering mendengar istilah ‘bad mood’. Sebenarnya apasih itu mood? Mood merupakan suatu kondisi emosi tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan emosi adalah sebuah perasaan, seperti takut, sedih, cemas, senang. Kondisi mood ini dapat mengalami gangguan, namun hal tersebut tidak sama dengan yang dimaksud oleh istilah umum ‘bad mood’. Ungkapan ‘bad mood’ biasanya kita gunakan untuk menggambarkan suasana perasaan yang sedang tidak enak atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan suatu aktivitas. Sedangkan yang dimaksud dengan gangguan mood adalah gangguan pada emosi seseorang dimana emosi tersebut berada dalam kondisi kesedihan yang sangat tinggi atau bisa disebut sebagai kondisi depresif, atau sebaliknya bisa juga emosi yang berada dalam kondisi senang yang berlebihan.

Menurut Singgih D. Gunarsa dalam bukunya yang berjudul Psikologi perawatan (1995). Dalam hal emosionalitas yang berlebihan maka perasaan yang berlebih-lebihan dinyatakan jauh melebihi takaran yang menyebabkan respons emosional tersebut. Misalnya : ketidak senangan yang berlebih-lebihan yaitu depresi, ketakutan yang berlebih-lebihan dan kemarahan yang tidak terkendali.

Biasanya gangguan mood ini muncul  disebabkan oleh adanya kejadian-kejadian berat yang dialami oleh individu. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja, pria dan wanita, tua dan muda. Gangguan mood ini dapat muncul bersamaan dengan gangguan cemas, gangguan yang berhubungan dengan penggunaan obat-obatan, dan gangguan kepribadian. Dan gangguan ini memiliki resiko yang serius bagi penderitanya. Maka dari itu penting untuk kita mengenal pribadi kita, agar mudah untuk mengontrol diri.

Sumber : m.kompasiana.com

0 komentar:

Posting Komentar