20.4.17

PSIKOSOMATIK SEBAGAI GANGGUAN KEPRIBADIAN



 PSIKOSOMATIK SEBAGAI GANGGUAN KEPRIBADIAN
 Oleh : KHOIRUNNISA ISTIANAH
153104101105


Gangguan kepribadian, berbagai macam jenisnya. Kali ini adalah gangguan psikosomatik. Apasih itu gangguan psikosomatik? Gangguan psikosomatik merupakan gangguan psikis dan emosional yang melibatkan pikiran dan juga tubuh, sehingga menyebabkan gangguan fisik. Gangguan ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi pada anak-anakpun bisa mengalaminya. 

Penderita gangguan ini mengira ada kelainan pada fisiknya. Padahal, setelah melalui konsultasi medis, tidak ditemukan kelainan apapun, karena pada dasarnya para penderita psikosomatik ini sehat-sehat saja. Dan gelaja yang dirasakan fisik tersebut hanyalah pengaruh dari faktor-faktor mental seperti, kecemasan, stres, dan fikiran. Umumnya, gangguan psikosomatik disebabkan oleh beban fikiran yang tidak bisa tersalurkan. Penjelasannya,  dalam gangguan psikosomatik emosi negatif  mempengaruhi sistem otonom tubuh, hormon dan kekebalan terhadap beberapa penyakit.

Solusinya untuk penderita psikosomatik adalah dengan pemberian psikoterapi untuk menggali masalah psikologis yang mereka alami, agar pikiran yang membebani mereka dihilangkan. Dengan begitu, keluhan pasien juga diharapkan menghilang.

Sumber : doktersehat.com

0 comments:

Post a Comment