21.4.17

INSOMNIA SEBAGAI SALAH SATU JENIS GANGGUAN TIDUR



 INSOMNIA SEBAGAI SALAH SATU JENIS GANGGUAN TIDUR
Oleh : KHOIRUNNISA ISTIANAH
153104101105

Tidur, merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, agar kinerja tubuh tetap optimal saat tubuh sedang terjaga. Selama tidur, tubuh akan membentuk dan meregenerasi sel, mendukung fungsi otak, dan mengisi kembali energi tubuh. Sedangkan bagi anak-anak dan remaja, tiudr dibutuhkan guna membantu proses tumbuh kembang mereka.

Gangguan tidur sering sekali terjadi pada manusia terutama orang dewasa karena memiliki penyebab lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak, seperti perkawinan, pekerjaan, kehidupan sosial, dan lain sebagainya. Kurang tidur akan menjadi sangat berbahaya bagi diri kita sendiri juga orang lain, misalkan orang yang kurang tidur mengendarai sebuah kendaraan, dalam hal ini kecelakaan akan meningkat yang akan menimpa dirinya. Jenis gangguan tidur itu sendiri terdapat ragamnya, yaitu : insomnia, parasomnia, narkolepsi, teror malam, mendengkur, apnea tidur, dan hipersomnia. Yang biasa terjadi pada umumnya adalah insomnia, insomnia merupakan gangguan tidur dimana seseorang secara terus-menerus mengalami kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat. Insomnia kadang-kadang juga berhubungan dengan kondisi-kondisi fisik, seperti kelelahan yang hebat, perubahan perlengkapan-perlengkapan tidur, perubahan-perubahan makanan utama sehari-hari dan juga pemakaian obat perangsang yang berlebihan. 

Cara mengobati insomnia bisa dilakukan dengan melihat dari segi penyebab insomnia itu sendiri. Misalnya dengan melatih kebiasaan tidur yang baik, hal yang perlu dilakukan adalah dengan mempertahankan waktu tidur dengan teratur, sebaiknya gunakanlah tempat tidur hanya untuk tidur saja. Atau dengan menghindari aktivitas mental yang memicu emosional berlebih disaat malam hari datang.

Sumber : hellosehat.com

0 comments:

Post a Comment