21.4.17

LISTRIK BAGI AREA PELOSOK




RESENSI PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
LISTRIK BAGI AREA PELOSOK

Nama                           : SEPTIANA ABIDIN
NIM                            : 16.310.410.1147
Judul                           : LISTRIK BAGI AREA PELOSOK
Penulis                         :MZW (Inisial)
Penerbit                       :KOMPAS
Tanggal Terbit             : 13 April 2017


                Tangerang Selatan, Kompas- LIPI( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mengembangkan sistem jaringan listrik mikrocerdas guna menerangidesa yang tidak mungkin di bangun sistem transmisi.  Agar berkelanjutan,tak sekedar proyek,kehadiran listrik harus disertai pemberdaya ekonomi.Hingga  Desember 2015, masih ada 12.000 desa dari 74.000 desa tidak terjangkau jaringan listrik karena wilayahnya sulit,penduduk sedikit,kebutuhan listrik kecil dan tak ekonomis membangun sistem transmisi listrik.
                Untuk itu,peneliti dari LIPI mengembangkan smart microgrid atau sistem jaringan listrik mikrocerdas berbasis energi baru terbarukan sesuai potensi tiap derah. Sitem ini memungkinkan masyarakat memadukan sejumlah sumber energi baru terbarukan genset hingga pasokan listrik terjamin,hemat biaya dan menekn emisi karbon.
                Smart microgrid memiliki 3 keunggulan yairu : dalam pembangkitan energi,distribusi,dan insfrstruktur. Bagi masyarakat pelosok listrik sangat dibutuhkan agar masyarakat mampu mengembalikan perekonomian warga sekitar. Tantangan utama penerapan teknologi pembangkitan energi terbarukan ialah menjaga selanjutya. Jadi program pelistrikan daerah terpencil tak sekedar proyek. Model pembangkitan energi baru terbarukan terawat. Dengan ada nya listrik  di pedesaan maka jaringan listrik tidak lagi menjadi penghalang kemajuan suatu desa.
SUMBER :
 MZW.2017.Listrik Bagi Area Pelosok.KOMPAS,13 April 2017

0 comments:

Post a Comment