23.4.17

KEHIDUPAN SOSIAL SEORANG INTROVET


KEHIDUPAN SOSIAL SEORANG INTROVET
PSIKOLOGI SOSIAL
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158
    Lingkungan sosial bagi oran-orang biasa keramaian mungkin menyenagkan,namun bebeda bagi orang introvet atau pendiam dan penyendiri. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial. Orang – orang introvet selalu tertutup sama seseorang yang menurut mereka belum di kenal baik.
   seorang introvet akan sangat terbuka kepada seseorng yang telah ia kenal baik dan mempunyai ketertariakn,namun apabila mereka merasa tertipu terhadap orang yang ia percayai maka akan sangat sulit untuk menarik agar dia kembali percaya.
Para ilmuwan mengatakan bahwa seseorang dengan ciri kepribadian introvert lebih cenderung memiliki kelompok kecil teman. Sementara ekstrovert justru sebaliknya, mereka umumnya memiliki jaringan pertemanan yang luas.
Orang introvert lebih hati-hati dalam memilih teman, bukan berarti mereka memilih-milih teman, hanya saja bagi mereka berteman bukan hanya sekedarnya saja, namun lebih dari itu, berteman bagi orang introvert adalah membangun relasi atau hubungan yang lebih bermakna dengan orang lain.
Ada kalanya orang introvert mampu menghabiskan waktu sendirian di rumah, sambil membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan hobi lainnya di rumah. Ia tidak akan merasa bosan dengan hal-hal tersebut. Ia justru jadi tambah bersemangat dan bisa lebih fokus setelah menghabiskan banyak waktu sendiri.
Menurut beberapa studi, orang introvert cenderung lebih mudah untuk tidak fokus (terganggu konsentrasinya), terutama di lingkungan yang ramai (banyak orang). Itulah sebabnya, mengapa mereka yang introvert terkadang lebih membutuhkan waktu dan suasana yang tenang dan tidak terlalu ramai.Seorang introvert cenderung berpikir dahulu sebelum bicara.
Introvet buan kelainan yang harus di hindari namun itu cara bagi seseorang introvet agar nyaman menjalani hidupnya, dengan berdiam diri dan melakukan hal yang dia sukai di rumahnya sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.gusti8official.org/2013/12/aku-seorang-introvert.html
diakses pada 23 april 2017 .19:23.
http://informasitips.com/apa-introvert-seperti-apa-introvert
diakses pada 23 april 2017.20:19.


0 comments:

Post a Comment