21.4.17

Kecemasan Akan Masa Depan

Kecemasan Akan Masa Depan
Oleh : Siti Asmaul Husna
(153104101111)
Psikologi Abnormal


Banyak orang yang lebih banyak mencemaskan masa depannya dari pada berusaha untuk membuat masa depannya menjadi lebih baik. Beberapa orang hanya duduk termenung memikirkan masa depan, tanpa melakukan apapun untuk masa depannya. Dan pikiran – pikiran itu lambat laun akan memudar dengan sendirinya, sedangkan keadaan tidak berubah sama sekali atau bahkan lebih buruk dari sebelumnya.
Kecemasan atau kekhwatiran itu hanya akan mempengaruhi pikiran, perasaan, dan bahkan langkah kita kedepannya. Sedangkan dalam hidup kita dituntut untuk memilih dan banyak mencoba dengan segala resikonya.
Hasil akhir dari ketakutan, kekhwatiran, dan kecemasan adalah negatif, kemumduran, dan ketidakmampuan. Apa yang dapat kita capai dengan kekhwatiran? Adakah hasil yang positif? Buatlah daftar mengenai hal – hal yang anda khwatirkan, lalu jelaskan secara spesifik apa yang dapat atau akan dicapai oleh kekhwatiran. Apakah kekhwatiran dapat memecahkan masalah atau bahkan menciptakan semakin banyak masalah?(H. Norman. Wright.2000)
Karna kecemasan akan membuat kita takut dalam melangkah atau dalam mengambil keputusan. Sedangkan dalam setiap keputusan pasti mengandung resiko dan penyesalan. Entah itu penyesalan karna mengambil keputusan itu atau menyesal karna tidak melakukan apapun.

Sumber :

Wright. Norman. H. (2000). Meredakan Emosi Jiwa. Yogyakarta : Yayasan ANDI (Anggota IKAPI). (18).

0 comments:

Post a Comment