16.4.17

Hasil Kunjungan di RSJ Grahasia




Bersyukur Itu Lebih Baik Dari Pada Mengeluh






Nama   : Pipit Rahmania Khajati
NIM    : 16.310.410.11134 
fakultas Psikologi
Mahasiswa dan mahasiswi fakultas psikologi Universitas Proklamasi 45 mengadakan kunjungan ke RSJ GRHASIA. Tepatnya Jl,. Kaliurang km 17, Pakembinangun, sleman kabupaten sleman. Kamis lalu, pada tanggal 13 April 2017, jam 07.45 WIB. kami melakukan kunjungan ke sebuah rumah sakit jiwa, tepatnya RSJ Grhasia, Yogyakarta. Rumah sakit itu memberikan 2 entitas pelayanan yaitu rawat inap dan rawat jalan, dengan berbagai jenis pelayanan. Dalam ranah psikologi sendiri RSJ Grhasia memberikan berbagai layanan antara lain, pasien di poli psikologi, psikometri, rujukan psikiater, jiwa rawat inap, anak di klinik tumbuh kembang, visum, geriatri dan napsa.
Dalam lingkungan sehari-hari, kita akan menemukan banyak sekali perbedaan. Ada lingkungan yang memaksa kita senantiasa berfikir masalah, masalah bangsa, masalah negara, masalah kepemimpinan, masalah sentimen sara, hingga masalah negara lain.
Dunia ini sudah sesak dengan orang yang berkeluh kesah, saya pun sanggup sehari semalam berkeluh kesah tak habis-habis dan tak karuan, sungguh jika hanya berkeluh kesah pun aku bisa, semua juga bisa. Kita butuh generasi yang gelisah, yang kemudian dari kegelisahan ia melakukan banyak hal, bukan berhenti meneriakan keluh kesah kemudian hilang.  “mencari solusi yang tepat, tidak semudah ketika berkeluh kesah tak berdampak”.
Dari kunjungan tersebut, saya banyak memperoleh pengalaman baru, diantaranya bertemu secara langsung dan berinteraksi dengan pasien , schizophrenia, melihat perilaku pasien gangguan halusinasi dan sebagainya. Di sana saya bertemu, pasien yang banyak bicara, ada juga yang merenung sendirian. Ada juga yang suka dengan musik. Dia dengan leluasa mengekspresikan kesenangannya dengan berjoget dan bernyanyi.
Melihat kondisi mereka yang merasakan kesedihan, kebingungan, membuat saya berfikir unyuk tetap menghargai sesama. Jangan  penah perlakuan dengan kasar, sayangi dan pehatian lah pada mereka. Dengan itu mereka akan merasa aman.
Dari kunjungan dan observasi tersebut,Saya berfikir hidup itu indah bersyukur lebih baik dari pada mengeluh . Saya hanya akan memperbaiki diri saya sendiri menjadi lebih baik dari hari kemarin dan kalau punmasih sering egois itu manusiawi. Setidaknya, hal itu dapat mencegah bertambahnya ODGJ.  (Orang dengan gangguan jiwa )
Namun secara keseluruhan, saya bersyukur dengan kemurahan Allah memberi semangat dari banyak arah. Sekali lagi, tak perlu difikirkan berlebihan soal pandangan orang lain, mengingat orang hanya melihat hasilnya bukan prosesnya. Kita yang menjalani prosesnya dan kita yang bisa menikmati hikmahnya.



0 comments:

Post a Comment