16.4.17

TAIWAN MEMBUATKU SAKIT JIWA

KUNJUNGAN RS GRHASIA

Fahrunisa Yeni Astari
16.310.410.1156

Psikologi Umum

Gangguan jiwa adalah gangguan pada satu atau lebih fungsi jiwa. Gangguan jiwa adalah gangguan otak yang ditandai oleh terganggunya emosi, proses berpikir, perilaku, dan persepsi (penangkapan panca indera). Gangguan jiwa ini menimbulkan stress dan penderitaan bagi penderita dan keluarganya (Stuart & Sundeen, 1998). Gangguan jiwa dapat mengenai setiap orang, tanpa mengenal umur, ras, agama, maupun status sosial dan ekonomi.
  Disini saya ingi sedikit bercerita, pada 13 April 2017 saya serta teman - teman dan dosen pembimbing UP45 fakultas psikologi berkunjung ke rs grhasia yang beralamatkan Jl. Kaliurang km 17 Pakem Sleman DI Yogyakarta.Tujuan kami disana belajar Program Pengenalan Klinik untuk membandingkan atau menerapkan ilmu yang didapatkan dari kampus dengan kondisi nyata di lapanagan.Program PPK dilaksanakan di Grha Ganesha RSJ Grhasia DIY, dibuka dengan sambutan oleh Kepala Seksi Litbang Dra. S. Retna Pangesti, M.Si. dilanjutkan dengan pemeparan materi oleh Psikolog dari RSJ Grhasia Ibu Annisa Maimunah M.Psi..Sedikit cerita tentang sejarah berdirinya rs grhasia.Sebelum diresmikan menjadi Rumah Sakit Grhasia, sejak masa berdirinya sebagai Koloni Orang Sakit Jiwa (KOSJ) pada tahun 1938, RS Grhasia telah melewati 3 masa dengan proses yang sangat panjang yaitu masa perjuangan (periode 1938-1945), masa perintisan (periode 1945-1989) dan masa pengembangan (1989-sekarang)menjadi RS Jiwa Grhasia DIY.
Para Mahasiswa diajak berkeliling bangsal, yang ada di RSJ Grhasia untuk melakukan obsevasi. Acara ditutup dengan diskusi hasil observasi yang dilakukan oleh para Mahasiswa dengan pihak Rumah Sakit.
Disana saya mengobservasi seorang wanita ZY  berusia 28 tahun,.dia menceritakan bahwa ia sakit kepala , bingung,ketakutan.kebingungan dia karna ia bekerja di taiwan ZY ini ingin pulang ke indonesia tapi tidak dipebolehka oleh majikannya.Malahan ZY diperebutka tengganya dan majikany untuk tetap kerja disana.maka dari itu ZY mulai bingung dan merasa tertekan.ZY masuk dirs grhasia  dengan kondisi sikotik akut.Psikotik adalah gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidak mampuan individu menilai kenyataan yang terjadi, misalnya terdapat halusinasi, waham atau perilaku kacau/aneh.Gangguan psikotik akut didefinisikan sebagai suatu  gangguan kejiwaan yang terjadi selama 1 hari sampai kurang dari 1 bulan, dengan gejala psikosis, dan dapat kembali ke tingkat fungsional premorbid.dan setelah direhab sekarang wanita ini mengalami sakit gangguan bipolar.bipolar adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrim berupa mania dan depresi, karena itu istilah medis sebelumnya disebut dengan manic depressive. Suasana hati penderitanya dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang berlebihan tanpa pola atau waktu yang pasti.

  Dari observasi ini saya menyimpulkan bahwa para pasien yang ada di RSJ GRHASIA mereka sama dengan kita semua,bedanya mereka sedang sakit kejiwaan kita sehat,da harusnya kita merangkul membantu mereka agar sakit kejiawaan yang dialami berkuang dan bisa sembuh.bukan malah kita jauhi atau kita hina.
  Segala macam gangguan jiwa bukan kutukan tapi penyakit yang bisa disembuhkan dengan melakukan pendekatan – pendekatan yang manusiawi.

Daftar Pusaka
Taufik,Y.(2014).hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kekambuhan pada pasien skizofrenia dipoliklinik rsj grhasia DIY.NASKAH PUBLIKASI. YOGYAKARTA

0 comments:

Post a Comment