18.4.17

EFEK BULLYING TERHADAP PERILAKU SOSIAL SESEORANG



TUGAS PSIKOLOGI SOSIAL
EFEK BULLYING TERHADAP PERILAKU SOSIAL SESEORANG
Oleh                : Chatu Septiana
NIM                : 16.310.410.1155
Fakultas           : Psikologi
Universitasi Proklamasi ’45 Yogyakarta

Jika kita amati, gerak-gerik anak yang masih Sekolah Dasar (SD) banyak yang mengkhawatirkan. Bullying atau penindasan sering terjadi di kalangan anak-anak SD. Kekerasan yang dilakukan oleh teman-teman terhadap seseorang yang dianggap minoritas dapat menyebabkan kondisi psikologis yang buruk bagi korban bullying. Kekerasan yang diberikan biasanya kekerasan fisik atau batin. Kekerasan fisik biasanya dengan menjegal, mencubit, mengacak-acak rambut dan mendorong. Sedangkan kekerasan batin biasanya dengan mengata-ngatai atau memberikan perkataan yang memojokkan seseorang.
Anak yang masih berusia 6-11 rentan sekali menerima bahasa-bahasa yang menekan batin atau menyinggung perasaannya. Maka yang terjadi adalah diterima dengan mentah-mentah dan tidak ada upaya menyaring. Keadaan seperti ini memang fase, namun ketika anak terus-terusan menerima bullying dari teman-temannya, maka akan berpengaruh ke keadaan psikologisnya.
Bisa jadi sang korban mengalami perubahan emosi yang memuncak, atau bahkan menutup diri dari lingkungan sosialnya. Kekuatan setiap korban bullying berbeda-beda sehingga aksi untuk menolak bullying tersebut berbeda-beda juga. Akibat dari bullying yang dialami korban ini akan berpengaruh ke akademik, dan juga perilaku jangka panjang. Kemungkinan besar korban akan berperilaku beda teradap lingkungan sosialnya dan cenderung menutup diri. Hal ini sangat disayangkan karena akan menghambat proses perkembangan korban tersebut.
Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa bullying dapat mempengaruhi perilaku sosial terhadap seseorang. Hal ini bisa dilihat perilaku korban terhadap lingkungan sosialnya yang kemungkinan besar akan memandang dengan memukul sama rata pandangannya yaitu pem-bully.
Sumber:
Tyas, Astrini. http://astrinityas.blogspot.co.id/2012/08/apa-itu-bullying.html diunduh pada tanggal 18 April 2017.

0 comments:

Post a Comment