18.4.17

PERILAKU NGE-GENG DI DALAM KELAS MEMPENGARUHI SOLIDARITAS



ARTIKEL PSIKOLOGI SOSIAL

PERILAKU NGE-GENG DI DALAM KELAS MEMPENGARUHI SOLIDARITAS
Oleh                : Chatu Septiana
NIM                : 16.310.410.1155
Fakultas           : Psikologi
Universitasi Proklamasi ’45 Yogyakarta

Dalam lingkungan sekolah, tak sedikit para pelajar dengan sendirinya membuat kelompok kecil yang biasanya dalam satu kelompok itu terdapat kesamaan dan kesatuan tujuan. Dalam kelompok kecil yang tak secara sadar telah mereka buat itu akan membeku dan berkubu-kubu menjadi beberapa kelompok kecil. Biasanya mereka melakukan kegiatan sehari-hari dalam lingkungan sekolah dengan kelompok yang mereka anggap nyaman dan memiliki satu kesamaan dengan dirinya.
Kelompok-kelompok kecil didalam kelas tersebut lama kelamaan akan semakin memisahkan dan jauh dari teman-teman yang tidak termasuk dalam kelompoknya. Semua kelompok akan berperilaku demikian. Hal ini menimbulkan beberapa persaingan untuk meninggikan posisi kubunya dari pada kubu yang lain. Caranya dengan memberi nama gengnya, memakai aksesories yang sama dengan teman se-gengnya, lalu membuat tawa yang keras untuk memperlihatkan kekompakan mereka.
Ada beberapa dampak positif dan negatif ngegeng. Dampak positifnya yaitu mereka akan bersaing didalam akademik dan memiliki solidaritas tinggi terhadap teman sekelompoknya. Namun, dampak negatifnya yaitu kurangnya rasa kebersamaan dengan teman sekelsanya. Sehingga mereka akan jauh dan wawasannya juga hanya sekelompok itu saja.
Dari kasus daiatas dapat disimpulkan bahwa perilaku ngegeng akan mempengaruhi solidaritas antar teman, mereka akan berkorban demi kelompoknya untuk membuat kelompoknya unggul dari kelompok lain.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment