14.4.17

CEMARI KOTAKU DENGAN LINGKUNGAN SEHAT

CEMARI KOTAKU DENGAN LINGKUNGAN SEHAT

DELIANA VICRIA NURACHYANI
15.310.410.1094
PSIKOLOGI LINGKUNGAN

           Banyaknya sampah di Negara kita perlu adanya penindakan serius agar sampah tersebut tidak menimbulkan dampak besar terhadap masyarakat. Salah satu dampak sampah yang saat ini muncul di Negara kita yaitu mengenai banjir. Banjir terjadi akibat aliran sungai yang tidak lancar, sebagian di keluhkan bahwa sungai tersumbat karena saat ini sungai menjadi tempat pembuangan sampah terakhir bagi masyarakat apalagi di daerah pinggiran sungai. Sungai-sungai di Indonesia khususnya di wilayah perkotaan saat ini cukup mengkhawatirka dengan airnya yang keruh serta tumpukan sampah pada bendungan sungai menjadi suatu pemandangan yang tidak lazim. 


Sungai yang tersumbat oleh sampah juga menimbulkan berbagai penyakit, bawasannya ada yang mempergunakan sungai yang tercemar sampah tersebut sebagai kebutuhan sehari-hari seperti : mandi,mencuci hingga buang air. Hal tersebut sangatlah jauh dari kata lingkungan sehat yang di harapkan. 
      Jangankan sungai yang tersumbat, saluran air di pinggiran jalan besarpun juga ada yang tersumbat karena sampah, salu
ran air yang tersumbat ini menimbulkan banjir di jalanan kota besar jika musim hujan datang. Sangat tidak nyaman jika dalam berkendara jalanan di ibu kota menjadi danau kecil di tengah kota. Kesadaran masyarakat akan mengelola sampah perlu di perhatikan kembali, jangan membuang sampah seenaknya di saluran air bahkan sungai. Selain jangan membuang sampah di saluran air, pihak seperti Dinas pekerjaan Umum juga harus selalu memantau keadaan saluran air. Meskipun saluran air di pinggiran kota bersih tidak ada sampah perlu adanya juga memasang uditch untuk mengatasi luapan ar ketika musim hujan. Sebagai contoh, pemasangan uditch yang di lakukan di Yogyakarta. Pemasangan uditch di lakukan sekitar daerah Ringrod Selatan, tepatnya seputaran Perempatan Wojo, Jalan Imogiri Barat. Proyek ini dimulai dari wilayah Janti hingga Gamping.

Sumber : 
Rid. (2017). Petugas Ganti Sluran Air Sepanjang Ringroad. Tribun Jogja. 25 Maret

0 comments:

Post a Comment