6.4.17

"BEKERJA SECARA TIM" ITU SUATU TANTANGAN ATAU KETERPAKSAAN ? " P. I. O "

      "BEKERJA SECARA TIM " ITU, SUATU TANTANGAN ATAU KETERPAKSAAN ?








Oleh              : Ningnurani
NIM             : 16.310.410.146
FAKULTAS : Psikologi, UP'45 Yogyakarta
Mata Kuliah  : P.I.O











Team work merupakan kegiatan yang dikelola dan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam satu organisasi. ( Tracy 2006 )
 Biasanya team work itu beranggotakan orang - orang yan memiliki perbedaan keahlian sehingga dijadikan kekuatan dalam mencapai tujuan perusahaan.Team work bisa menghasilkan kinerja lebih tinggi dari pada jumlah masukan individual, dan bisa menghasilkan  sinergi positif melalui usaha yang terkoordinasi.( Stephen & Timothy 2008 )
Bagaimana karakteristik kerja tim itu ?
1.  Ada kesepakatan  terhadap misi tim.
2. Semua anggota mentaati peraturan tim.
3. Pembagian tanggung jawab dan wewenang yang adil.
4. Adanya adpatasi terhadap perubahan.
 
 Kemampuan Anggota :
1. Keahlian Teknis.
2. Ketrampilan memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
3. Ketrampilan antar pribadi.

Cara meningkatkan kinerja tim :
1. Adanya saling ketergantungan.
2. Adanya perluasan tugas.
3.Kesejajaran,
       4.Penggunan bahasa yang umum.
5.Kepercayaan - respect.
6.Kepemimpinan - ke anakbuahan. 
7.Ketrampilan memecahkan masalah.
8.Ketrampilan manajemen konflik.
9.Penilaian - tindakan.
10.Adanya "Perayaan " keberhasilan kinerja tim.

 Akan tetapi banyak orang " terjebak " dengan adanya team work ini. Mereka berfikir kerja tim itu mudah, karena bisa mengandalkan teman yang lebih aktif dan produktif. Mereka fikir dengan hanya duduk - duduk dan tinggal melimpahkan wewenang kepada segelintir orang keberhasilan akan tercapai.Kenapa hal ini terjadi ?
1. Karena ketidak pahaman akan apa itu arti " kerja tim " yang sesungguhnya.
2. Hanya ingin numpang popularitas dengan bergabung di sebuah kerja tim dalam organisasi.
3. Biar bisa dikatakan " Keren, dan Sibuk ".

Banyak orang yang tiba - tiba " Mengundurka Diri." saat sudah terpilih menjadi bagian / anggota dari sebuah kerja tim. ( setelah mereka tahu bahwa kerja tim itu berat dan tidak gampang ). Dan dampak dari keputusan pengunduruan diri akan berakibat perubahan yang sangat besar pada sebuah TIM. Hanya orang yang bermental pecundang,orang yang tidak mempunyai dedikasi, kerja keras dan ketangguhan sajalah yang suka mempermainkan akan arti sebuah tim kerja yang sudah terbentuk.

Tetapi kita juga tidak bisa menyalahkan siapapun, karena bekerja dengan orang banyak dalam sebuah tim itu pasti penuh dengan tantangan dan kegagalan.Namun , lebih tidak terhormat jika seseorang " mengundurkan diri " hanya dengan satu alasan klise " karena kesibukan dan ketidak mampuan ".
Semua yang terjadi dan yang akan kita alami dalam sebuah kerja tim adalah proses bagaimana " kematangan jiwa kita melaluinya ", banyak pelajaran yang kita peroleh dengan kerja tim.Bersyukurlah, bagi kita yang dengan semangat juang yang tinggi, kegigihan, ketidak putus asaan, dan berani menghadapi tantangan. Karena tidak ada suatu keberhasilan tanpa usaha dan kerja keras. TETAP PERTAHANKAN KEKOMPAKKAN DAN KEGIGIHAN, KARENA HANYA DENGAN ITULAH SEMUA MASALAH DAN RINTANGAN AKAN BISA DI LEWATI.

Sumber : 
 http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/34112 ( 6/4/2017 : 17.25 : 06 )                       /Chapter%20II.pdf;jsessionid=37DE7CE5907DAA2DC37B92CEC8BD62B1?sequence=
 http://staffnew.uny.ac.id/upload/132206554/pendidikan/TEAM+WORK+(KERJA+TIM).pdf ( 6/4/2017 : 17.20 : 20 )
 

0 comments:

Post a Comment