4.4.17

WAWANCARA DENGAN KARYAWAN, " MOTIVASI KERJA ". PSIKOLOGI UP' 45 YOGYAKARTA




MOTIVASI KERJA SEORANG KARYAWAN



Oleh       : Ningnurani

NIM        : 16.310.410.1146
Fakultas  : Psikologi ‘ 16
UP’45 YOGYAKARTA
 






Istilah motivasi berasal dari kata Latin “movere” yang berarti dorongan atau menggerakkan. Motivasi mempersoalkan bagaimanacara mengarahkan daya dan potensi agar bekerja mencapai tujuan yang ditentukan (Malayu S.P Hasibuan, 2006:141). Pada dasarnya seorang bekerja karena keinginan memenuhi kebutuhan hidupnya. Dorongan keinginan pada diri seseorang dengan orang yang lain berbeda, sehingga perilaku manusia cenderung beragam di dalam bekerja. ( http://eprints.uny.ac.id/9035/3/BAB%202%20-08404241017.pdf ).



Nama                      : “ I.M ‘ ( Seorang sarjana Ekonomi )
Ttl                          : Klaten, 1 September 1992
Alamat                    : Sonopakis Lor Rt 04 No : 304, Kasihan Bantul
Pekerjaan                : Pendidik / Guru
Nama lembaga        : TK di  Yogyakarta
Status                     : Menikah
Tgl Wawancara       : 04/ 04 2017
Waktu wawancara   : 11.35 w.i.b
Tmpt wawancara    : Sekolah TK di Yogyakarta






Hasil  wawancara :

1.          

1.     Sudah berapa lama anda bekerja di lembaga ini ?
I.M : ‘’ 1 tahun 3 Bulan “.

2.     Apa yang mendorong Anda untuk bekerja pada lembaga ini ?
I.M : “ Karena kecintaan saya terhadap anak usia dini dan ingin mengimplementasikan ilmu psikologi yang saya pelajari “.

3.     Siapa yang men – support Anda bekerja ?
I.M : “ Suami saya “.

4.     Apakah hasil dari bekerja di lembaga ini sudah dirasa memenuhi kebutuhan rumah tangga secara wajar ?
I.M : “ Tentu saja belum mbak, tapi motivasi saya bekerja disini  karena kecintaan saya terhadap anak, jadi, saya tidak mempermasalahkan besar / kecil gaji yang saya terima. Toh , segala kebutuhan saya sudah di penuhi oleh suami saya “.

5.      Apakah selama bekerja di lembaga ini anda mendapat support/ motivasi juga dari teman – teman dan Kepala Sekolah Anda ?
          I.M : “ Tentu saja iya mbak, kalau tanpa motivasi dari teman – teman / Kepala Sekolah, tidak mungkin saya bisa menjalani pekerjaan ini dengan senang hati dan penuh dengan  ke – ikhlasan “.

6.      Untuk kedepannya, apakah motivasi kerja yang anda inginkan lagi ?
          I.M : “ Saya ingin memotivasi diri saya lebih dan lebih baik dan maju lagi dalam bekerja. Dimanapun saya bekerja, motivasi itu harus jadi hal utama yang harus saya miliki untuk menentukan kinerja saya kedepannya dan saya akan lebih professional dalam dunia PAUD yang saya senangi dan cintai.“

7.      Apa motivasi anda untuk tetap memilih bekerja di sini walaupun hanya di gaji yang tidak memadai dan dibawah standart UMR ?
          I.M : “ Sekali lagi, motivasi saya adalah rasa kecintaan saya terhadap bidang yang sekarang saya jalani, walau saya bukan lulusan dari sarjana PAUD / Psikologi “.


0 comments:

Post a Comment