20.4.17

Bekerja Bukan Hanya Urusan Materi Bekerja Adalah Belajar

Bekerja Bukan Hanya Urusan Materi Bekerja Adalah Belajar




Nama  : Pipit Rahmania Khajati
NIM     : 16.310.410.1134
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Tak selamanya “ia” Berkata
Berdasarkan wawancara saya dengan Ulfa 27 Th. Pada tanggal 17 April 2017.Beliau adalah salah satu pendidik di salah satu Lembaga PAUD di Sleman. Posisi beliau adalah penanggung jawab Program. Beliau bekerja sejak Usia 19 Th saat itu beliau sedang menempuh pendidikan S1nya semester 2. Motivasinya bekerja  saat itu dan hingga saat ini dipegang sebagai prinsip bahwa bekerja bukan hanya urusan materi, bekerja baginya adalah belajar. Baginya bertemu dengan banyak orang akan memberikan pelajaran hidup yang tidak bisa ditemukan dikelas manapun. Apresiasi materi yang diberikan ditempat ia bekerja antara lain setiap tahun ada kenaikan gaji, bagi pendidik yang sudah lebih dari 3th masa kerja berhak mendapatkan fasilitasi dari pemerintah berupa dana fasilitasi.
Beliau menyampaikan kalau uang dijadikan motivasi bekerja maka rasanya akan selalu kurang, sangat jauh karena pendapatan sebagai seorang pendidik tidak banyak. Tapi kalau motivasinya untuk belajar akan banyak ilmu yang kita dapat. Dia mengatakan Dari 7th dia bekerja banyak ilmu yang sudah di dapat antara lain memanajemen sebuah lembaga, bagaimana bersikap sebagai leader, dan segala keadministrasian yang dibutuhkan lembaga. Tidak sampai disitu pengalaman yang tidak kalah pentingnya adalah pengalaman bagaimana mengelola kelas, mengkondisikan berbagai anak didik yang berbeda – beda.
Prinsip yang ia pegang itu membawanya untuk kembali menempuh pendidikan formal S2, karena baginya semakin dia tahu semakin banyak lagi yang ingin dia tahu. Tidak hanya pendidikan formal, ia juga aktif mengikuti berbagai organisasi. Dengan demikian ilmu yang dia punya, relasi yang luas membuat dia tidak kesulitan untuk mendapatkan uang. Karena tidak selamanya uang berkata.

0 comments:

Post a Comment