15.4.17

BAKAT YANG DIMILIKI SETIAP ANAK



BAKAT YANG DIMILIKI SETIAP ANAK
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Umum II


            Setiap anak memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda, maka setiap orang tua harus menjaga dan mendidik anaknya menjadi lebih baik lagi. Anak untuk mengembangkan kemampuannya terutama hal yang berhubungan dengan pendidikan, seringkali kita melihat perkembangan anak yang tergolong memiliki bakat atau potensi istimewa. Orang tua harus mengenali dan memahami bakat yang dimiliki anaknya. Dengan memahami bakat anak akan lebih mudah dan terarah  dalam mrngembangkannya, bahkan orang tua dapat member semangat atau dukungan pada anaknya. Anak mempunyai kemampuan berpikir, kecerdasan yang berbeda jadi orang tua tidak boleh menyamakan atau menuntut agar anaknya dapat menjadi seperti anak yang lain.
            Seperti teori yang dikemukakan oleh tokoh psikologi yaitu Jean Pieget tentang kecerdasan yang didasarkan menurut masa perkembangan hanya bisa didapat dari seorang psikolog Swiss bernama Jean Pieget (1972). Pieget relative tertarik pada perbedaan individu. Kecerdasan berkembang dalam semua anak melalui pergantian keseimbangan secara terus menerus antara asimilasi informasi baru dengan struktur kognitif yang ada dan akomodasi terhadap stuktur kognitif sendiri terhadap informasi baru tersebut.
            Saya pernah melihat kebanyakkan orang tua yang anaknya mau masuk SD anaknya diharuskan bisa membaca. Setiap hari dipaksa belajar membaca sampai anak yang tega memarahi dan main tangan agar si anak mau nurut belajar membaca dan itu malah bikin si anak tambah males.
            Orang tua harusnya memberi dukungan, motivasi, perhatian, pengetahuan, latihan kalau perlu memberi penghargaan dalam bentuk sanjungan atau tindakan saat anaknya berhasil agar si anak merasa diperhatikan sama orang tuanya.

Daftar Pustaka :
Pengalaman observasi sekitar rumah
Boeree, c. George (2013). General Psychology: Psikologi Kepribadia, persepsi, kognitif, emosi & prilaku. Jogjakarta



0 comments:

Post a Comment