15.4.17

Ada Apa dengan Prilaku Nakal Remaja Jawa saat ini dan Nilai Budaya Jawa



Ada Apa dengan Prilaku Nakal Remaja Jawa saat ini dan Nilai Budaya Jawa
Nur Roy Tri Rahayu
163104101143
Psikologi Umum II


 Salah satu wujud kebudayaan yang ada di Indonesia adalah kebudayaan Jawa, orang Jawa adalah satu kelompok etnik yang mempunyai kebudayaan dan nilai-nilai maupun kebiasaan tentang sesuatu, yaitu kebudayaan Jawa (Koentjaraningrat dalam Dimyati, 2003).
Pada masyarakat Jawa terdapat nilai hidup atau nilai kebudayaan Jawa yang berisi konsep-konsep mengenai apa yang hidup dalam alam pikiran, sebagian besar dari masyarakat mengenai apa yang dianggap bernilai, berharga dan penting dalam hidup, sehingga dapat berfungsi sebagai suatu pedoman hidup bagi masyarakat Jawa.
Menurut Erik Erikson, mengungkapkan bahwa remaja merupakan masa perkembangan identity, yaitu vocal point dari pengalaman remaja, karena semua krisis normatif yang sebelumnya telah memberikan kontribusi kepada perkmbangan identitas perkembangan remaja itu sendiri. Tidak hanya Erik Erikson juga lebih tertuju pada perkembangan masyarakat dan perkembangan kebudayaan.
Kenyataannnya saat ini dapat ditemui banyaknya peristiwa-peristiwa yang ada pada masyarakat Jawa khususnya pada remaja Jawa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya Jawa. Remaja Jawa sebagai pewaris budaya Jawa saat ini dalam banyak penelitian mengenai nilai budaya Jawa dengan berbagai dinamikanya banyak mengalami penurunan sikap dan perilaku terhadap nilai budaya Jawanya.  
Akibat dari tidak pahamnya tentang nilai budaya Jawa, remaja Jawa saat ini telah banyak melakukan penyimpangan terhadap nilai budaya Jawa dan berbagi perilaku lainnya yang tidak sesuai dengan nilai budaya Jawa. Hal tersebut dapat disebut sebagai sebuah penyimpangan dan perilaku nakal oleh remaja. Perilaku yang menyimpang terhadap tata karma masyarakat menurut Sarwono (2002) dapat dikategorikan sebagai penyimpangan. Jika telah melanggar norma hukum maka dapat disebut sebagai perilaku kenakalan.
Hubungan antara nilai budaya Jawa dengan perilaku nakal pada remaja Jawa adalah antara nilai penting, yaitu nilai budaya dan sikap memiliki keterkaitan erat yakni nilai adalah konsep dasar mengenai apa yang dipandang sebagai baik dan diinginkan (Azwar, 2005). Monghaddam dan Studer (Utama, 2003) menyatakan budaya menentukan perilaku yang dianggap tepat tentang bagaimana seharusnya seseorang berperilaku. Nilai kebudayaan yang diperoleh dari proses belajar menghasilkan sikap dan perilaku tertentu dalam menjalaninya.
Ada hubungan yang signifikan antara nilai budaya Jawa dengan perilaku nakal pada remaja Jawa. Semakin tinggi sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai budaya Jawa maka semakin sedikit perilaku nakal yang ada pada remaja Jawa. Begitu pula sebaliknya semakin sedikit sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai budaya Jawa maka semakin tinggi tingkat perilaku nakal yang ada pada remaja Jawa.

Daftar Pustaka
Rachim, Ryan L. & Nashori, H. Fuad (2007). Nilai Budaya Jawa Dan Perilaku Nakal Remaja Jawa. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi 9(1), 30-43.

0 comments:

Post a Comment