31.3.17

RESENSI : ARTIKEL " PSIKOLOGI SOSIAL " PETUALANGAN REMAJA MENYEREMPET BAHAYA



PETUALANGAN REMAJA MENYEREMPET BAHAYA



Oleh     : Ningnurani
Nim              : 16.310.410.1146
                 Fakultas         : Psikologi UP’45 Yogyakarta




Membahas kata remaja, pastilah terbayang sosok yang penuh dengan gejolak, semangat, rasa ingin tahu yang tinggi , suka berpetualang dan mencoba hal yang baru. Sebagai salah satu kegiatan yang saat ini sedang trend dikalangan remaja adalah adanya permainan “ SKIP CHALLENGE “ .
                SKIP CHALLENGE / PAST OUT CHALLENGE  adalah permainan dengan cara menekan keras tepat di dada, sehingga aliran darah dan pasokan oksigen ke otak akan terganggu. Hal ini akan mengakibatkan si pelaku akan pingsan sesaat dan merasakan sensasi yang berbeda karena terkena “ HIPOKSIA /HIPOKSEMIA “.
                Perilaku dan tindakan remaja yang nekad, tanpa memperhatikan baik & buruk, bahaya / tidak memang sangat menyedihkan. Tapi itu semua terjadi karena adanya banyak hal yang muncul & berkembang dalam diri manusia yang mempengaruhi gaya hidupnya ( STYLE OF PRINCIPLE : ALFERD ADLER ).
                Pendidikan yang baik & penanaman karakter sejak usia dini sangat berpengaruh bagi kehidupan anak menuju remaja , kasih saying yang penuh dari orang tua dan pembelajaran yang baik dan tepat dari lingkungan akan menjadikan remaja akan menjadi sosok yang kuat dan tidak mudah terbawa arus dalam pergaulan yang multi dimensi ini.
                Kepribadian adalah pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang baik jasmani, mental ,rohani,emosional maupun sosial . Semua ini telah ditatanya dalam caranya yang khas dibawah beraneka pengaruh dari luar.Pola ini terwujud dalam tingkah lakunya, dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana dikehendakinya. ( ADOLF HEUKEN dalam bukunya yang berjudul “ tantangan membina kepribadian ( 1989 : 10 ).
                Mendidik dan mengarahkan remaja menuju jalan yang baik tanpa melakukan hal – hal yang konyol dan tidak bermanfaat adalah tanggung jawab yang berat bagi semua orang tua , dan lingkungan sekitar. Penanaman karakter , dan pendidikan agama yang kuat adalah solusi yang terbaik untuk membentengi remaja – remaja kita agar tidak terjerumus dalam hal – hal yang membahayakan dan merugikan dirinya sendiri, orang tua, masyarakat dan Negara.

Sumber : Kompas, Minggu 19 Maret 2017, Hal : 5 , Oleh : M. ZAID WAHYUDI


  •     

0 comments:

Post a Comment