27.3.17

RESENSI ARTIKEL BUKU: PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM



RESENSI ARTIKEL BUKU: PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM
RESENSI ARTIKEL BUKU:
PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM

Irwanto (NIM. 16.310.410.1125)
Mata Kuliah: Psikologi Umum 2
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Judul Buku    : Pengantar Psikologi Umum
Penulis            : Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono
Penerbit          : PT. Rajawali Pers, Jakarta
Tebal              : x+318., 21 cm
Cetakan          : Ke-3, November 2010
ISBN               : 978-979-769-257-5

            Buku ini merupakan buku acuan pokok bagi para mahasiswa jurusan Psikologi dan juga sangat berguna para pemerhati umum karena buku ini ditulis dengan bahasa yang terstruktur baik dan tentu saja mudah dicerna. Substansi yang disajikan dalam buku ini kaya akan berbagai pembahasan teori dasar Psikologi, mulai dari sejarah dan definisi psikologi, fungsi-fungsi psikis, interaksi sampai gangguan mental. Pembahasannya pun merupakan kasus khas Indonesia sehingga pembaca akan lebih merasa dekat dengan penerapan psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Penulis adalah seorang Guru Besar Psikologi yang sudah sangat terkenal di tanah air, baik lewat tulisan-tulisannya di berbagai media, maupun dari berbagai buku daras psikologi yang diempunya sabagai staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan dibeberapa perguruan tinggi lainnya. Sasaran pembaca yaitu mahasiswa jurusan psikologi dan umum.
Dalam buku ini menyajikan berbagai materi yaitu: Bab 1 Sejarah dan Definisi Psikologi yang isinya: Hubungan Psikologi dengan Ilmu-ilmu lainnya, Persamaan dan Perbedaan Psikologi  dengan Psikiatri, Metode-metode dalam Psikologi, Aliran-aliran dalam Psikologi dan Cabang-cabang Psikologi. Bab 2 Manusia yang isinya: Manusia sebagai Makhluk yang Bereksistensi, Manusia sebagai Makhluk Hidup Perkembangan Manusia dan Masa Remaja: Proses Pendewasaan-Masa Dewasa-Masa Tua. Bab 3 Fungsi - fungsi Psikis yang isinya: Persepsi, Berpikir dan Belajar, Emosi dan Motif.  Bab 4 Kekhususan individual: Inteligensi dan kepribadian Inteligensi yang isinya: Faktor Pembawaan, Faktor Lingkungan dan Kebudayaan dan Interaksi Bawaan dan Lingkungan: Konvergensi. Bab 5 Interaksi Sosial yang isinya: Komunikasi, Sikap, Tingkah Laku Kelompok dan Norma Sosial. Bab 6 Gangguan Mental yang isinya: DSM IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder), Psikopat, Narkoba, Gangguan Seksual dan Psikoterapi

    Kelebihan buku ini, yaitu mudah dipahami untuk kalangan mahasiswa dan umum bahkan para pemula untuk mengambil jurusan psikologi ditahun pertama. Materi yang disampaikan dalam buku ini sangat lengkap mengenai perilaku manusia dan teori-teori psikologi lainnya.  
Kelemahan buku ini, tidak ada latihan soal yang di sediakan dalam setiap bab. Gambar dalam buku ini kurang jelas karena terlalu kecil ukurannya.
                Kesimpulan: Psikologi berasal dari kata-kata Yunani: psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa. Namun, arti “ilmu jiwa” masih kabur sekali. Dampak dari kekaburan arti itu, sering menimbulkan berbagi pendapat mengenai definisi psikologi yang berbeda. Thales (624-548 SM) yang dianggap sebagai Bapak Filsafat, beliau mengartikan jiwa sebagai sesuatu yang supernatural. Jadi, jiwa itu tidak ada, karena menurut beliau yang ada di alam ini hanyalah gejala alam (natural phenomena) dan semua gejala alam berasal dari air. Anaximander (611-546) berpendapat lain, bahwa segala sesuatu barasal dari apeiron artinya tak terbatas, tak terbentuk, tak bisa mati (the boundless, formless, immortal matter), yaitu seperti konsep Tuhan di zaman kita sekarang. Berdasarkan hal itu beliau berpendapat bahwa jiwa itu ada. Filsuf lain seperti Anaximenes percaya bahwa  jiwa itu ada, karena segala sesuatu berasal dari udara. Beberapa tokoh yang sangat berperan penting terhadap perkembangan psikologi adalah tiga serangkai Sokrates (469-399 SM), Plato (427-347 SM), dan Aristoteles (384-322 SM), yang sering disebut TRIO SPA. Plato adalah murid Sokrates, dan Aristoteles murid plato. Sokrates memperkenalkan teknik maeutics yaitu wawancara untuk memancing keluar pikiran-pikiran dari seseorang. Ia percaya bahwa pikiran-pikiran itu mencerminkan keberadaan jiwa di balik tubuh manusia. Plato kemudian berteori bahwa jika manusia mulai masuk ke tubuhnya sejak manusia ada di dalam kandungan, dan mempunyai tiga fungsi yaitu Logisticon (akal) yang berpusat  di kepala, Thumecticon (rasa) yang berpusat di dada, dan Abdomen (kehendak) yang berpusat di perut.  
  
DAFTAR PUSTAKA
Sarwono, S. W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Cetakan ke-3. PT. Rajawali Pers. Jakarta.




0 comments:

Post a Comment