27.3.17

RESENSI ARTIKEL BUKU: PSIKOLOGI UMUM



RESENSI ARTIKEL BUKU: PSIKOLOGI UMUM
RESENSI ARTIKEL BUKU:
PSIKOLOGI UMUM

Irwanto (NIM. 16.310.410.1125)
Mata Kuliah: Psikologi Umum 2
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Judul Buku    : Psikologi Umum
Penulis            : Dr. Kartini Kartono
Penerbit          : CV. Mandar Maju, Bandung
Tebal              : xii+183
Cetakan          : III, Tahun 1996
ISBN               : 979-538-127-X

Dalam penulisan buku ini mudah dipahami kata-katanya sehingga para pembaca bisa dijadikan sebagai buku pegangan untuk jurusan psikologi dalam mata kuliah psikologi umum 1 dan 2. Dalam buku ini memberikan tuntutan bagi para pembaca untuk mengetahui masalah-masalah kejiwaan, yaitu pribadi-pribadi yang menyukai dan sangat meminati, atau mereka yang dipaksa untuk mempelajari tingkah laku dan kehidupan psikhis manusia disebabkan oleh prefesi atau pekerjaannya. Sehingga dalam buku ini juga menyajikan bahwa yang minat mempelajari tentang psikologi mengenai masalah kejiwaan dan banyak berhubungan dengan masalah kejiwaan dan banyak berhubungan dengan masalah social khususnya buku ini sehingga buku ini dapat membantu para mahasiswa yang ingin mempelajari perihal tingkah laku dan kejiwaan sendiri serta orang lain, dalam bentuk pengertian-pengertian yang lebih sistimatis.

Buku ini memberikan secara garis besar untuk memahami secara umum mengenai pemahaman tingkah laku dan kehidupan jiwani manusia, juga bisa dipakai sebagai tonggak pegangan guna pemahaman macam-macam gejala psikis, baik yang normal maupun abnormal. Dalam buku ini juga membahas mengenai definisi dan bidang psikologi mengenai tingkah laku, penggolongan psikologi, metode psikologi empiris, psikologi umum, gejala pengenalan (kognitif), perasaan hati, gejala afektif atau emosi, kemauan dan perbuatan, gejala usaha, psikologi sebelum dan sesudah tahun 1900, aliran-aliran modern dalam psikologi dalam, psikoanalisa, psikoanalitis Jung. Pendapat saya mengenai semua aliran psikologi modern terdapat satu cirri yang sama yaitu selalu bermanusia personalities, juga tidak bertolak dari hal-hal yang elementer, tetapi dari totalitas.tidak ada satu totalitas yang lebih penting daripada person atau pribadi. Dengan demikian psikologi personalities dapat merangkum bermacam-macam nuansa dari aliran-aliran psikologi modern, tanpa menggagahinya.    
Kelebihan buku ini, yaitu mudah dipahami untuk kalangan umum bahkan para pemula untuk mengambil jurusan psikologi ditahun pertama. Materi yang disampaikan dalam buku ini sangat lengkap mengenai perilaku manusia dan teori-teori psikologi lainnya.  Bahkan buku ini penjelasannya sangat runtut karena di mulai dari pengetian psikologi sampai dengan psikologi kerohanian yang dijelaskan secara jelas.
Kelemahan buku ini, hanya mementingkan teori saja, tapi aplikasinya di lapangan kurang begitu dijelaskan sehingga teori ini hanya teori psikologi secara umum saja.
                Kesimpulan: Daerah yang meliputi psikologi itu sangat luas, penuh rahasia, misterius sifatnya, sekaligus juga sangat menantang minat manusia untuk menyelidikinya. Juga membangkitkan hasrat ingin tahu meneliti unitas multipleks, gejala fisik dan psikis yang sangat kompleks. Kompleksitas itu tidak hanya disebabkan oleh bervariasi tingkah laku manusia, kesadaran dan ketidak-sadaran dari yang sederhana sampai yang paling tinggi dan kompleks, akan tetapi juga disebabkan oleh alasan sebagai berikut: gejala-gejala jasmani dan rokhaniitu bisa didekati dari macam-macam perspektif dan disiplin ilmu.  
  
DAFTAR PUSTAKA
Kartono, K. (1996). Psikologi Umum. Cetakan ke-3. CV. Mandar Maju. Bandung. 

0 comments:

Post a Comment