30.12.16

ARTIKEL PSIKOLOGI BERBAGI MA MIFTAHUL HUDA TEMANGGUNG ^^

MELATIH MENTAL dan KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MELALUI KEGIATAN PSIKOLOGI BERBAGI

SITI ASMAUL HUSNA
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Psikologi berbagi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa psikologi dalam rangka melatih komunikasi juga kemampuan yang ada dalam diri mahasiswa, sekaligus mengembangkan ilmu yang telah dipelajari. Dalam psikologi berbagi tahun ini, untuk pertama kalinya kami mengadakan kegiatan keluar kampus, yaitu bekerja sama dengan SMA – SMA dalam rangka ikut serta membantu guru bagian kesiswaan untuk mengarahkan para siswanya.
Untuk psikologi kali ini
diadakan di MA Miftahul Huda Temanggung, pada hari Rabu,  tanggal 15 Oktober 2016. MA ini terkenal dengan MA yang MEWAH (mepet sawah) juga ELIT (ekonomi sulit). Meskipun begitu, MA ini tetap mampu bersaing dengan SMA – SMA lainnya yang berada di Temanggung, dengan melahirkan para juara dengan berbagai lomba yang diikuti disetiap tahunnya. Seperti lomba kaligrafi, tilawah, CCA, volly, tehnis meja, pidato, dll. Dengan begitu para siswa tidak perlu merasa minder dengan mereka yang berada di kota. Ditambah adanya pondok pesantren di lingkungan itu untuk menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan juga kepentingan akhiratnya. Supaya para siswa bukan hanya sekedar cantik paras dan hitungan terhadap dunianya, namun juga cantik dalam akhlak dan perhitungan terhadap Tuhannya.

Kegiatan psikologi berbagi di MA Miftahul Huda ini sangat berbeda dari SMA sebelumnya, karena di MA ini sangat terlihat Religius. Mulai dari pembukaan acaranya denga bacaan Ummul Kitab dan juga Asmaul Husna, dan semua dari mereka para siswa menghafal itu. Kami para mahasiswa juga seharusnya belajar dari mereka untuk memperdalam apa yang kami yakini terhadap akhiratnya, setelah acara pembukaan tersebut, ada acara diskusi yang dibawa oleh Wahyu Relisa Ningrum juga Febrio Valentino, juga stand up comedi yang dibawakan oleh Fadly Amin, juga tak lupa Chiken Dance yang dibawakan oleh Triyono Legowo. Berkat kerja keras para mahasiswa, juga dukungan dari pihak MA Miftahul Huda, serta partisipasi para siswa, dan tak lupa doa yang luar biasa di pembukaan tadi acara berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Dan semoga untuk psikologi berbagi selanjutnya akan selalu ada kemajuan dan memberi manfaat yang luar biasa bagi kami para mahasiswa dan mereka, baik siswa ataupun sekolah yang di tinggalkan.

0 comments:

Post a Comment