3.11.16

RESENSI ARTIKEL ; KHATAMAN BARENG SEKARANG BISA LEWAT PONSEL



Fadli Amin
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





 Catat, Khataman Bareng Sekarang Bisa Lewat Ponsel

Khataman adalah kegiatan setelah seseorang atau sekelompok orang menyelesaikan bacaan 30 juz Al Quran. Saat ini, lanjut Jazilul, aplikasi tersebut dapat diunduh lewat Google Store bagi pengguna gadget dengan sistem operasi Android. Nama aplikasi tersebut adalah "Nusantara Mengaji".
"Ini adalah aplikasi khataman online pertama di dunia. Masyarakat dapat terhubung bersama-sama melaksanakan khataman Al Quran secara serentak," ujar Koordinator Nasional Mengaji, Jazilul Fawaid, lewat siaran pers-nya, Minggu (30/10/2016)
Berbicara di sela khataman akbar Al Quran di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jazilul menyebutkan aplikasi ini juga memasukkan 30 juz Al Quran di dalamnya, lengkap dengan fitur pencari juz. Khataman bersama dapat dilakukan dan dijadwalkan lewat fitur "Khatamanku".
Sementara itu, perwakilan Dewan Penasihat Nusantara Mengaji, Prof KH Akhsin Sakho Muhammad, menambahkan, orang-orang yang sama-sama memilih juz Al Quran memakai fitur tersebut bisa melakukan khataman bersama. Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan," imbuh Akhsin.
Selain fitur bacaan Al Quran dan khataman, aplikasi tersebut mencantumkan pula informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.
"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahim kita," lanjut Akhsin. 
Peluncuran aplikasi ini diumumkan berbarengan dengan acara khataman akbar yang digelar di Bekasi, Minggu. Khataman tidak berpusat di satu lokasi saja, tetapi juga berlangsung serentak di 200 lokasi di 56 kelurahan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi.
Khataman akbar berlangsung di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/10/2016). Kegiatan tak hanya berpusat di satu lokasi, tetapi juga serentak berlangsung di 200 lokasi di 56 kelurahan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi. Pada hari yang sama diluncurkan pula aplikasi online khataman, serta penyerahan beasiswa untuk para hafidz dan infak sejuta Alquran.

Khataman akbar di Bekasi juga masih menjadi rangkaian dari peringatan Hari Santri yang ditetapkan pemerintah untuk diperingati setiap 22 Oktober. Muhaimin pun menyinggung kembali sejarah panjang peran para santri sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Salah satu bagian dari sejarah perjuangan merebut kemerdekaan, ungkap Muhaimin, adalah dicetuskannya Resolusi Jihad dalam pertemuan Soekarno—yang kemudian menjadi Presiden pertama Indonesia—dan KH Hasyim Asy'ari.

Resolusi itu menjadi jawaban atas kebutuhan pasukan yang solid untuk melawan pasukan penjajah. "Santri diikatkan satu komando, angkat senjata, dan tak boleh lari dari perang,” ujar Muhaimin

Sebelumnya, inisiasi Gerakan Nusantara Mengaji sudah menghadirkan catatan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia, untuk khataman yang diikuti peserta terbanyak dan serentak dengan jumlah lokasi yang paling banyak. Rekor itu dibukukan pada 21 Juni 2016.

Sumber ; Palupi Annisa Auliani. 30 oktober 2016, Kompas.






0 komentar:

Posting Komentar