2.11.16

RESENSI ARTIKEL ; Kemunculan Endorseme Media Sosial



Resesnsi Artikel
Fadli Amin
{ 15 310 410 1100 }
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 Yogyakarta




Kenapa muncul fenomena endorser di media sosial?

Generasi millennial adalah generasi yang memiliki populasi yang banyak saat ini. Lantas, apakah generasi millennial cenderung konsumtif?

Menurut Ivan Sujana, M.Psi., Dosen Fakultasi Psikologi UI, menjelaskan saat ini masyarakat cenderung mudah untuk menjadi konsumtif. Hal tersebut karena sangat dimudahkan oleh tempat berbelanja baik di online maupun di tempat lainnya.

"Akses untuk berbelanja saat ini tidak sulit. Sehingga masyarakat cenderung mudah untuk konsumtif," kata Ivan saat ditemui di acara Forum Ngobras dengan tema Survival Guige Genaris Millennial menuju 2020, Jakarta.

Perlu diketahui, generasi millennial adalah anak muda yang lahir pada rentan tahun 1980-an hingga 2000-an. Mereka akan menjadi yang terbesar di tahun 2020. Kemahirannya menggunakan teknologi karena terlahir dan dibesarkan dengan internet dan piranti cerdas lainnya dalam menjalankan kehidupan sehari - hari.

"Sekarang sekitar 50 persen generasi millennial berusia di bawah 30 tahun merajai dunia kerja," ungkap Anton Wirjono, Founder Brighspot Market dan The Goods Dept ditemui di tempat yang sama.

Bicara soal endorse-mengendorse di dunia Instagram, sekarang banyak banget selebgram yang bermunculan. Mulai dari selebgram yang khusus endorse fashion, hijab, skincare, makanan dan segala macam produk online shop di instagram. Jumlah followersnya pun beragam, ada yang jutaan, ratusan atau masih dibawah 5000 followers saja kadang sudah bisa menjadi seorang selebgram.

Fenomena selebgram ini banyak diminati oleh para online shop yang sudah terkenal ataupun sedang merintis usahanya, dengan tujuan utama supaya produknya laku dipasaran, menambah followers atau sekedar menciptakan brand awareness.

Banyak online shop yang sudah membuktikan efek dahsyat endorse seorang selebgram yang biasanya langsung menambah drastis jumlah followers. Foto-foto yang dibuat oleh selebgram bisa menjadi testimonial menjanjikan sebuah online shop sehingga banyak menarik calon konsumen.

Menurut kamu gimana.?
Kritik :
a.   sebagian besar pernyataan masih berupa opini ,namun artikel cukup bagus, karena isinya membahas tentang tren masa kini.        
           

0 comments:

Post a Comment