26.10.16

Resensi Artikel : Menjadi Pelangi Untuk Penyandang Kanker

INSPIRASI : Menjadi Pelangi Untuk Penyandang Kanker

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Seseorang yang mengalami kanker pada umumnya butuh penanganan secara khusus dengan dokter dan obat yang khusus pula. karena kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan, maka seseorang yang mengalami penyakit kanker tidak boleh terlambat dalam penanganannya karena jika terlambat maka akan fatal akibatnya.

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang menakutkan. Seseorang yang menderita atau mengalami penyakit kanker pada umumnya kemungkinan untuk bertahan hidup sangat tipis apalagi jika penyakit terlambat diketahui atau terdeteksinya. Selain itu, penderita kanker juga pasti akan merasa kehilangan semangat hidupnya apabila tidak ada yang membuatnya semangat dalam menghadapi dan menjalani setiap proses dalam pengobatan. Namun, jika seseorang tersebut kuat dalam menjalani masa sulit  dan mendapat dukungan dari orang-orang yang yang menyayanginya, pasti penderita akan tegar menghadapi hidupnya dan bersemangat dalam menjalani pengobatan agar cepat sembuh dari penyakit kanker.

Seperti yang dialami oleh Cahyaning, pada tahun 2004 Ia di vonis sakit kanker. Ia merasa tidak percaya diri dan sempat merasa putus asa. Namun, berkat dukungan orang-orang yang menyayanginya, Ia berusaha untuk kuat dan tegar untuk melewati masa sulit. Setelah sembuh dari penyakit kanker, akhirnya Ia bisa meraih cita-citanya menjadi menjadi seorang Bidan. Kini, Cahyaning bergelut di bidang kesehatan, selain menjadi Bidan Ia juga menjadi relawan kanker dengan mendirikan komunitas relawan kanker yang bernama “ Cancer Informations and Support Semarang pada 2008, karena Ia tidak ingin orang lain merasakan penderitaan yang pernah dirasakannya.

Cahyaning selalu menganggap bahwa kesulitan adalah sebuah tantangan, dan Ia selalu berfikir kelak ingin melukis “pelangi” di catatan hidupnya. Artinya, Ia selalu ingin memberikan manfaat kepada orang lain yang memiliki berbagai masalah dan latar belakang yang berbeda, meskipun Ia tahu bahwa semua itu tidak mudah tapi Cahyaning selalu berusaha dan tidak mudah menyerah.


Sumber : MKS. (2016). Menjadi Pelangi Untuk Penyamdang Kanker. Kompas. 17 Oktober. Halaman 26.

0 comments:

Post a Comment