26.10.16

Resensi Artikel : Guru Menjadi Media Pembelajaran

Pendidikan Karakter : Guru Menjadi Media Pembelajaran

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Guru adalah seorang pendidik, pengajar atau seseorang yang mengajarkan suatu ilmu kepada siswa-siswinya di sekolah. Seorang guru biasanya mengajar menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pebelajaran  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.


Sebagai seorang guru dan tenaga kependidikan dari sekolah-sekolah biasanya diharuskan untuk mengikuti Pelatihan program Penguatan Pendidikan Karakter atau PPK. Pelatihan ini bertujuan agar guru dan tenaga kependidikan dapat berpikir kreatif dan dapat mengembangkan rasa nasionalisme, integritas yang tinggi, gotong royong, kemandirian atau lebih mandiri dan lebih religiusitas.

Sejatinya guru adalah media pembelajaran, yang sesungguhnya bertindak sebagai fasilitator dan pemberi materi. Selain itu, guru juga harus bisa menjadi teladan yang baik bagi siswa-siswinya, bukan sekedar menyebut berbagai contoh kasus saat mengajar dikelas, tetapi guru juga harus dituntut menjadi contoh yang dapat diteladani oleh siswa-siswanya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai guru seseorang dituntut untuk selalu berpikir kreatif dan dapat memberikan masukan yang positif kepada siswa-siswinya didalam maupun diluar kelas. Selain itu, juga harus memberikan pengajaran atau materi yang dapat di mengerti atau dipahami oleh siswa-siswinya  dan memberikan pengajaran yang berhubungan dengan pengembangan keterampilan, agar siswa-siswi sebagai generasi masa depan juga dapat berpikir lebih kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya

Sumber : DNE. (2016). Pendidikan Karakter : Guru Menjadi Media Pembelajaran. Kompas. 29 September. Halaman 11.


0 comments:

Post a Comment