26.10.16

Resensi Artikel : Bertarung Ide Segar di Dunia Maya

Daya Kreatif : Bertarung Ide Segar di Dunia Maya

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Dunia maya adalah media elektronik yang banyak digunakan untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung dengan jaringan). Di zaman modern seperti sekarang ini dunia maya tidak hanya digunakan untuk keperluan komunikasi, karena sudah muncul ide yang sangat kreatif yaitu dunia maya atau internet digunakan untuk media bertarung ide segar misalnya seperti youtube orang-orang berlomba-lomba untuk mengunggah video dan juga instagram  untuk mengunggah foto atau video.


Para pengguna internet seperti youtube dan instagram bisa menjadi idola dalam waktu singkat, hanya karena sering menguggah foto dan video di internet atau dunia maya. Acara yang bernama Indovidfest telah berhasil membuat acara begitu meriah dengan hadirnya para youtuber dan instagramer yang berhasil lulus seleksi dalam pertarungan ide segar yang diselenggarakan di dunia maya.

Para penggemar sangat antusias dan sangat senang melihat idola mereka berjalan di atas catwalk dengan melambaikan tangan ke arah mereka. Tidak hanya itu, saat di arena konser musik para penggemar juga berteriak girang sembari mengambil foto dan video idola mereka. Karena adanya dunia maya bisa tiba-tiba muncul sosok idola baru yang sangat beragam dan idola baru tersebut terkenal dengan cara mereka masing-masing. Misalnya Gerry yang terkenal karena sering membuat video icip-icip makanan dan memasak bahan sederhananya yang di unggah di youtube, dan ada pula Danny yang terkenal dengan sering mengunggah gambar lucu dan Danny memiliki banyak pengikut di akun instagramnya.

Tidak hanya menjadi panggung bagi anak muda, Internet juga menjadi panggunga bagi pengusaha-pengusaha muda yang memanfaatkan media internet untuk memasarkan atau menjual produk. seperti yang dilakukan oleh Singgih, ia memasarkan produk sepatunya yang bernama Men`s Republik dengan cara mengunggah foto di akun instagram dan facebook miliknya. Selain Danny dan Singgih masih banyak lagi pengguna internet yang memanfaatkan dunia maya untuk menjadi peluang bisnis atau peluang untuk menjadi terkenal dengan caranya masing-masing.


Sumber : Berindra, S & Jaluardi, H. (2016). Daya Kreatif : Bertarung Ide Segar di Dunia Maya. Kompas. 26 September. Halaman 1 - 15.


0 comments:

Post a Comment