15.6.16

SURPLUS TERTINGGI LIMA TAHUN

RINGKASAN ARTIKEL
SURPLUS TERTINGGI LIMA TAHUN 
Irnaningsih
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

        Berdasarkan data BPS Februari 2016 neraca perdagangan RI dari tahun 2012-2016 mengalami surplus. Perekonomian Indonesia mulai menunjukkan perbaikkan. Merujuk pada data BPS tahun ini perekonomian Indonesia surplus 1,14 miliar. Hal tersebut terkait ekspor-import non migas hampir dengan semua negara mengalami surplus. Di ASEAN kecuali dengan thailand ekspor-import Indonesia surplus, begitu pula dengan negara-negara Uni Eropa, sebagian besar surplus yaitu USD 503,9 juta, dan hanya dengan Jerman saja yang defisit USD 63,7 juta.
         Sedangkan dengan negara-negara utama lainnya seperti Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat India, mengalami surplus. Dengan demikian perekonomian Indonesia selama lima tahun ini mengalami surplus tertinggi. Hal ini membuktikan bahwa upaya pemerintah mencari atau ekspansi pasar baru sudah ada peningkatan. Secara month to month ekspor Februari meningkat 7,8 persen di bandingkan bulan sebelumnya.
           Namun di bandingkan Februari tahun lalu terjadi penurunan 7,18 persen. Peningkatan itu di sebabkan lonjakan ekspor nonmigas 8,6 persen dari USD 9,372  miliar. Impor migas meningkat 1,72 persen secara month to month, begitu pula non migas, volumenya meningkat hampir 20 persen. 

sumber : jawa pos, 16 Maret 2016

0 comments:

Post a Comment