24.6.16

RINGKASAN ARTIKEL: 12 DIPULANGKAN LEWAT PALU JUMLAH EKS GAFATAR 84 ORANG

KHOIRUNNISA ISTIANAH
153104101105
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

12 DIPULANGKAN LEWAT PALU
Jumlah Eks Gafatar 84 Orang


                Gafatar merupakan sebuah organisasi yang diproklamirkan di Kemayoran, Jakarta Pusat, yang berlambangkan matahari terbit, yang berkegiatan sosial seperti donor darah dan napak tilas memperingati hari pahlawan 2012. Tetapi organisasi tersebut banyak tidak diterima oleh masyarakat setempat di wilayahnya, karena dianggap menyebarkan ajaran agama sesat.
                Kepulangan 12 orang eks Gafatar yang terdiri dari 3 kepala keluarga dilewatkan penerbangan Palu, dan langsung ke Yogyakarta. Ke-3 Kepala Keluarga eks Gafatar tersebut dinyatakan meninggalkan Bantul sejak Oktober 2015, yang kemudian bergabung dengan Gafatar di Kalimantan Barat. Mereka pamit dengan keluarganya untuk mencari kehidupan baru yang lebih menjanjikan di Kalimantan. Ternyata kedatangannya di Kalimantan tidak diterima warga, yang kemudian berbuntut terjadinya pembakaran permukiman Gafatar.
                Dengan dipulangkannya mereka sehingga jumlah eks Gafatar yang dipulangkan ke Bantul berjumlah 84 orang. Kepala Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) berharap agar masyarakat dapat menerima mereka kembali ke masyarakat seperti sebelum mereka meninggalkan kampung halaman dan diajak bermasyarakat serta menjalankan agamanya sesuai tuntunan.


Sumber : Anonim, (2016), 12 Dipulangkan Lewat Palu, Jumlah Eks Gafatar 84 Orang, Kedaulatan Rakyat, 26 Februari 2016.

0 comments:

Post a Comment