23.6.16

Kacamata Getar untuk Bantu Tunanetra

Ringkasan Artikel : Kacamata Getar untuk Bantu Tunanetra


Antoni Firdaus
Fakultas Psikolgi

Hampir setiap hari ada saja karya anak bangsa yang kreatif dan inovatif.  Tentu karya tersebut bisa dipakai oleh orang yang membutuhkan. Salah satunya blind helper, kacamata khusus yang diperuntukan bagi tuna netra. Blind helper ini bikinan tiga siswa SMA N 1 Gresik, Jawa Timur, Mohammad Ardika Rifqi, Al Dinar Abnan, dan Mohammad Arief Alfianno.
"Blind Helper dikemas dalam bentuk kacamata, cara menggunakannya cukup dipakai seperti kacamata biasa lalu tekan tombol powernya. Ketika ada barang di depan pengguna, Blind Helper akan bergetar yang menandakan bahwa ada objek penghalang di depan pengguna," cerita Rifqi”
Ide pembuatan alat didapatkan saat mengikuti bakti sosial di sebuah desa. Saat itu Rifqi dan rekan-rekannya mendapati penyandang tuna netra di desa tersebut harus meraba-raba tembok sekitar saat berjalan. Dari situlah kemudian siswa-siswa ini berniat membuat alat yang memudahkan tuna netra ketika berjalan. Blind Helper digunakan bersamaan dengan tongkat yang biasa digunakan tuna netra. Jadi tongkat tersebut sebagai alat bantu untuk merasakan apa yang ada di tanah. Sementara untuk merasakan apa yang ada di sekitar kepala mereka dapat menggunakan alat bantu yaitu Blind Helper. Jadi, dengan menggunakan tongkat bantu dan Blind Helper, para tuna netra dapat merasakan apa yang ada di sekitarnya dengan jauh lebih baik dari sebelumnya.
Lebih lanjut kata Rifqi Blind Helper ini dirancang dengan memanfaatkan teknologi ultrasonik. Biasanya teknologi ini dipakai pada mobil model terbaru sebagai sensor mundur parkir. "Tenang saja inovasi ini tidak memiliki efek samping pada si pemakai," pungkasnya

Sumber : Kompas, 17 November 2015, Hal 11.

0 comments:

Post a Comment