6.5.16

Ringkasan Artikel : Badak Sumatera

Betina Ratu Siap Melahirkan Lagi

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Badak sumatera adalah salah satu satwa yang ada di Indonesia yang hampir punah. Selain itu, badak sumatera juga dikenal sebagai badak berambut atau badak Asia bercula dua, dan merupakan spesies langka dari family Rhinocerotidae dan termasuk salah satu  dari lima spesies badak yang masih ada.
Di Bandar Lampung, lebih tepatnya di Suaka Rhino terdapat sepasang badak sumatera yang siap menghasilkan satu lagi individu baru. Sepasang badak sumatera ini dijaga dan ditangani oleh SRS yaitu lembaga konservasi badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) yang bekerja sama dengan Taman Nasional Way Kambas.

Badak sumatera betina Ratu, untuk sementara dipindahkan dan berada ditempat yang lebih kecil dari kandang aslinya bersama badak sumatera jantan Andalas.
Dengan lahirnya bayi badak sebagai individu baru membuktikan kesuksesan konservasi badak sumatera yang dilakukan oleh SRS di Taman Nasional Way Kambas. Kelahiran bayi badak tersebut adalah salah satu bukti kesuksesan konsevasi satwa liar yang terancam hampir punah.
Berhasilnya bayi badak yang baru dilahirkan, maka dari itu ada enam badak sumatera yaitu terdiri dari tiga betina dan tiga jantan badak sumatera yang ada di SRS yaitu di Taman Nasional Way Kambas.


Sumber : GER. (2016). Badak Sumatera : Betina Ratu Siap Melahirkan Lagi. Kompas, 02 Mei. Halaman : 14.

0 comments:

Post a Comment