6.5.16

Membangun Keakraban Sesama Mahasiswa Fakultas Psikologi


Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Membangun keakraban adalah salah satu kunci utama dalam menjalin suatu hubungan. Bukan hanya hubungan dengan keluarga, saudara tetapi juga dengan teman maupun orang lain yang baru dikenal. Dalam membangun keakraban sesama Mahasiswa Fakultas Psikologi banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya seperti cara yang paling mudah yang dapat dilakukan yaitu saling menyapa ketika bertemu maupun hanya sekedar berpapasan. 
Dengan orang yang baru dikenal terkadang kita hanya bertemu dan berbicara ketika ada kepentingan saja. Tak jarang pula orang yang sudah saling mengenal namun tidak saling bicara hanya karena tidak mengetahui apa yang akan dibicarakan. Ada pula yang sudah saling mengenal namun tidak saling menyapa ketika bertemu dan berpapasan hanya karena gensi, merasa canggung dan takut dikira sok akrab. Semua itu bisa terjadi karena sebagian dari Mahasiswa Fakultas Psikologi terbagi atas beberapa generasi atau adanya perbedaan usia.

Langkah awal yang dilakukan yaitu tidak perlu mempermasalahkan tentang perbedaan usia karena disini kita semua sama yaitu Mahasiswa Fakultas Psikologi, kalaupun ada perbedaan kita hanya cukup melihat bahwa mahasiswa yang sudah memasuki dunia kerja dan mahasiswa yang belum pernah memasuki dunia kerja.
Dalam keseharian kita selalu mengedepankan Ego masing-masing, dan tidak berfikir bagaimana cara agar kita bisa lebih dekat dan lebih akrab dengan mahasiswa lainnya yaitu bukan hanya dilihat sesama Mahasiswa Se-angkatan, maupun sesama Mahasiswa Reguler melainkan dilihat dari keseluruhan yaitu Sesama Mahasiswa Fakultas Psikologi.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun keakraban misalnya seperti menjalin komunikasi yang baik meskipun tidak saling bertemu, dapat saling bertukar cerita maupun bertukar fikiran mengenai pengalaman yang menarik dan bermanfaat dalam dunia yang belum pernah dialami misalnya oleh sesame Mahasiswa Fakultas Psikologi lainnya. Saling bertukar cerita mengenai pengalaman yang lebih bermanfaat misalnya seperti Mahasiswa Karyawan yang sudah memasuki dunia kerja dapat menceritakan pengalaman mereka kepada Mahasiswa Reguler yang sebagian besar dari mereka belum pernah memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Contoh pengalamannya  seperti kesulitan dan kemudahan yang mereka alami dalam dunia kerja, karena tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa yang sudah memasuki dan memiliki pengalaman dalam dunia kerja sudah mengetahui dunia luar bukan hanya seputar dunia kampus.
Tidak hanya itu, dalam membangun keakraban kita bisa berkumpul meskipun hanya sesekali dan waktu yang tidak begitu lama tetapi semua itu dapat menambah satu pengalaman lagi dalam kehidupan kita. Disini kita sesama Mahasiswa Fakultas Psikologi bertujuan untuk  saling belajar dan saling mengerti satu sama lain untuk maju dan berkembang bersama tanpa memikirkan ada atau tidaknya persaingan.kita sesama Mahasiswa Fakultas Psikologi siap membantu dan bekerjasama satu sama lain demi kebersamaan untukl maju dan berkembang menuju masa depan yang lebih baik.
BERSAMA KITA BISA !!!

HIDUP MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI !!!

0 comments:

Post a Comment