25.3.16

RINGKASAN ARTIKEL : PEMKOT BERI PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA GRATIS

PEMKOT BERI PELATIHAN
KETERAMPILAN KERJA GRATIS

Wahyu Relisa Ningrum
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


           Dalam upaya meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja dan pengurangan angka pengangguran di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Sosial  Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) membuka pelatihan keterampilan kerja gratis.
Hadi Muchtar selaku kepala Dinsosnakertrans (Selasa,26/1/2016) mengatakan bahwa pelatihan tersebut terdiri dari 7 (tujuh) pelatihan Mobile Training Unit (MTU), 23 pelatihan institusional/umum dan pelatihan untuk penyandang disabilitas. Pelatihan tersebut akan  dilaksanakan di setiap kecamatan sesuai dengan kapasitas yang tersedia. Pelatihan MTU meliputi pelatihan computer, design grafis dan sablon, tata rias kecantikan, membatik dan jumputan, serta pelatihan audio visual dan multimedia dan fotografi. Pelatihan satpam, setir mobil, perhotelan, travel agent, spa terapis, pembuatan kue dan roti, kursus menjahit dan akupresur.

Untuk mengikuti pelatihan tersebut, diperlukan syarat-syarat sebagai berikut pendaftar termasuk masyarakat Kota Yogyakarta yang berstatus pengangguran atau pencari kerja, diutamakan warga miskin /pemegang Kartu Menuju Sejahtera dan berusia produktif antara 20-40 tahun, bagi pendaftar diwajibkan membawa foto kopi KK, kartu kuning, ijazah terakhir, KTP, KMS, KK, pas foto berwarna 3X4 (2 lembar), amplop surat beserta perangko. Selain itu, pendaftar harus bisa membaca dan menulis serta belum pernah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Dinsosnakertrans minimal dua tahun berselang. Disamping itu akan diadakan seleksi yang bertujuan untuk memilih peserta yang sesuai dengan kualifikasi dan mengantisipasi membludaknya pendaftar, karena pelatihan tersebut mempunyai respon yang positif dan cukup tinggi di masyarakat untuk diikuti.

Sumber tulisan : (rfk) Tribun Jogja, 27 Januari 2016

0 comments:

Post a Comment