28.3.16

RINGKASAN ARTIKEL :
KARYAWAN YANG JADI FAVORIT PERUSAHAAN

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Pepatah lama mengatakan,
“Karyawan tak meninggalkan perusahaan, tetapi meninggalkan atasan yang buruk”.
Pepatah ini agaknya mulai tidak berlaku.

            Setiap orang pasti mendambakan perusahaan ideal sebagai tempat berkarya, dan kita sering mencari perusahaan yang memberikan penaaran terbaik. Banyak orang yang mengeluh susahnya mendapatkan pekerjaan. Namun, pernahkah terbesit jika perusahaan juga mencari karyawan ideal? Lantas, seperti apa karyawan yang diiginkan perusahaan?
ü  DISIPLIN
            Bagi perusahaan, karyawan yang datang tepat waktu menunjukkan komitmen dalam bekerja. Karyawan juga akan dipandang menghargai waktu dan efisien dalam bekerja.
ü  BEKERJA KERAS DAN BEKERJA CERDAS
            Perusahaan sebenarnya menginginkan karyawan bekerja keras untuk mencapai target dan produktivitas tinggi. Disamping itu, perusahaan juga menginginkan karyawan terbuka dalam melontarkan ide-ide baru yang mendukung pekerjaan. Karyawan seperti inilah yang akan mengutungkan perusahaan.
ü  JUJUR DAN BERTANGGUNGJAWAB
            Bila seorang karyawan jujur, perusahaan bisa menaruh kepercayaan lebih pada karyawan. Apalagi selain jujur, karyawan juga bertanggungjawab atas pekerjaanya. Kepercayaan perusahaan terhadap karyawanpun meningkat.
ü  TERBUKA PADA HAL-HAL BARU
            Karyawan mau menerima inovasi dan mempelajari hal yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Karyawan yang fleksibel dalam menghadapi perubahan di kantornya membuat perusahaan lebih tenang.
ü  KOMUNIKATIF
            Komunikatif diartikan karyawan mampu mengomunikasikan ide-ide dan pendapatnya dengan baik, bukan hanyak banyak bicara. Karyawan juga mempunyai kemampuan mendengar yang baik, yang bersedia mendengarkan semua pendapat dan masukan orang dan menanggapinya dengan positif. Sifat komuniktif inilah yang disukai perusahaan dari karyawan.
ü  CEKATAN
            Apabila menemukan karyawan yang cekatan, lincah dan cepat dalam mengerjakan tugas ditambah dengan kualitas hasil kerja yang baik, perusahaan akan berusaha mempertahankannya.



Sumber : KOMPAS (Jum’at, 18 Maret 2016)

0 comments:

Post a Comment